Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

TNI AU Gelar Latihan Navigasi di Sumbar

Militer.or.id – TNI AU Gelar Latihan Navigasi di Sumbar.

dok. F-16 Skadron Udara 16.  (Skadud 16)

Padang, Militer.or.id – TNI Angkatan Udara (AU) menggelar latihan navigasi di Sumatera Barat (Sumbar) sekaligus patroli rutin di wilayah pesisir Barat Provinsi Sumbar itu.

“Latihan yang digelar Skadron Udara 16 Tempur (Skadud 16) yang bermarkas di Lapangan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru dengan melintasi wilayah Sumbar,” kata Danlanud Sutan Sjahrir Padang, Kolonel Pnb Eko Sujatmiko ketika dihubungi dari Padang, pada Kamis 4 Januari 2018.

Menurut Kolonel Pnb Eko Sujatmiko latihan tersebut terdiri dari 4 pesawat tempur jenis F-16 yang dimiliki Skadud16 yang melintasi langit Sumbar dan berputar kembali ke Pekanbaru. Selain itu dalam latihan gabungan tersebut juga diikuti oleh 4 jet tempur jenis Hawk MK-53 dari Skadron Udara 12 (Skadud12) Panther Hitam Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Latihan tersebut dilakukan sejak Kamis 4 Januari 2018 pagi, mereka melintasi langit Kota Padang dan wilayah Sumbar kemudian kembali mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin. “Mereka tidak mendarat di Lanud Sutan Sjahrir Padang atau Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Kabupaten Padang Pariaman,” ujar Kolonel Pnb Eko Sujatmiko.

Menurutnya latihan seperti ini sering dilakukan selain untuk pemetaan wilayah juga bertujuan menjaga keamanan di wilayah pantai Barat Pulau Sumatera. “Lanud kita juga sering kedatangan pesawat latihan seperti Hercules dan lainnya sebagai bentuk dukungan terhadap Pangkalan Udara tipe A Lanud Pekanbaru,” ujar Kolonel Pnb Eko Sujatmiko.

Sementara salah seorang warga Eka Riyanto, 36 tahun mengaku terkejut dengan kehadiran pesawat tempur di langit Kota Padang ketika dirinya sedang menjalani aktivitasnya. “Saya sedang melakukan pekerjaan dan tiba-tiba langit bergemuruh dilewati oleh pesawat tempur.

Biasanya atraksi pesawat tempur ini hanya ada ketika HUT TNI,” ungkap Eka Riyanto, 36 tahun. (Antara)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *