Arab Saudi Akuisisi Tiga Kapal Siluman dari CMN Prancis

Arab Saudi Akuisisi Tiga Kapal Siluman dari CMN Prancis

Militer.or.id – Arab Saudi Akuisisi Tiga Kapal Siluman dari CMN Prancis.

Fast Attack Long Range Craft, Combattante FS56. © CMN

Militer.or.id – Kerajaan Arab Saudi telah memberi wewenang kepada galangan kapal Cherbourg, CMN (Constructions Mécaniques de Normandie), Prancis, untuk memulai pembangunan tiga kapal perang siluman Combattante FS56 untuk Angkatan Laut Kerajaan Saudi, seperti dilansir dari La Tribune, Prancis.

Kontrak pengadaan 3 unit kapal cepat rudal siluman tersebut adalah senilai € 250 juta. Kapal-kapal tersebut seharusnya dikirimkan ke Lebanon dan dibayar oleh pemerintah Riyadh dalam bentuk paket bantuan senilai $ 3 miliar.

Arab Saudi menangguhkan hibah tersebut pada tahun 2016 setelah Lebanon gagal mengutuk serangan terhadap misi diplomatik Arab Saudi di Teheran, Iran.

Menurut La Tribune, CNM sekarang ditetapkan untuk memulai pekerjaan konstruksi setelah uang muka dibayarkan oleh Kerajaan Arab Saudi.

Kapal cepat rudal yang akan dikirim tersebut didasarkan pada kapal perang siluman Combattante FS56. Menurut spesifikasi perusahaan, kapal berukuran 56 meter dan mampu mencapai kecepatan hingga 38 knot. Kapal tersebut dapat dipersenjatai dengan sistem rudal permukaan-ke-udara jarak jauh MBDA Simbad-RC namun kontrak untuk sistem ini belum ditandatangani.

Kapal-kapal tersebut diakuisisi di bawah koordinasi agen ekspor militer Prancis, ODAS.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *