Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

India Umumkan Tender Pengadaan CIWS Seharga $1,5 Miliar

Militer.or.id – India Umumkan Tender Pengadaan CIWS Seharga $1,5 Miliar.

Senjata pertahanan udara Zu-23 (Zenitnaya Ustanovka) buatan Rusia. © Larsen

Militer.or.id – Menteri Pertahanan India, Nirmala Sitharaman telah mengeluarkan tender sebesar $1,5 miliar untuk mengakuisisi 61 sistem senjata pertahanan udara canggih dari produsen lokal di bawah program Make in India, seperti dilansir dari India Today.

Tender tersebut dikeluarkan oleh bagian akuisisi di kementerian pertahanan, dan 61 sistem pertahanan udara Close-In Weapon Systems (CIWS) akan digunakan untuk menggantikan sistem buatan Rusia, termasuk senjata pertahanan udara L-70 dan Zu-23.

“Nilai tender akan lebih dari 10.000 crore rupee ($1,5 miliar) dan diikuti perusahaan pertahanan pribumi terkemuka termasuk Tata Power SED, Punj Lloyd, L & T, Mahindra Defense, Bharat Electronics Limited dan Ordnance Factory Board”, kata sumber pemerintah.

Dalam program tersebut, perusahaan India harus bekerjasama dengan produsen asing, yang akan membantu mereka membangun sistem senjata di bawah klausul “buy and make” dari prosedur akuisisi pertahanan India.

Di bawah proyek tersebut, Angkatan Udara bertujuan untuk menginduksi unit CIWS buatan sendiri dalam tujuh tahun ke depan dan akan mengintegrasikan CIWS dengan sistem komando dan kendali udara yang melakukan lalu lintas udara serta fungsi pengawasan.

Dalam beberapa bulan terakhir, Sitharaman telah berupaya meningkatkan kecepatan pribumisasi di sektor pertahanan pekan lalu, sebuah tender dikeluarkan untuk perusahaan swasta untuk memasok amunisi buatan produsen lokal ke angkatan bersenjata dan membuatnya lebih layak dengan meningkatkan jangka waktu dari 5 sampai 10 tahun.

Menteri tersebut juga mendorong layanan untuk menerima alutsista yang diproduksi secara mandiri saat Angkatan Udara India baru-baru ini mengeluarkan tender untuk mendapatkan 83 pesawat tempur LCA Tejas Mk1A.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *