Mengisi Teknologi Inti Pesawat KFX/IFX

Mengisi Teknologi Inti Pesawat KFX/IFX

Militer.or.id – Mengisi Teknologi Inti Pesawat KFX/IFX.

Desain pesawat tempur KFX/IFX (istimewa)

Militer.or.id – Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa Lockheed Martin tidak bersedia memberikan 4 teknologi inti KFX (AESA, IRST, Targeting Pod dan Jammer) walaupun pada awalnya inilah syarat “Imbal beli” Korea Selatan untuk pembelian F35. Untuk itu DAPA segera mencoba mengisi kekurangan ini dengan memutuskan Hanwa Thales yang mengalahkan LigNex1 untuk radar AESA. Tender AESA KFX ini kandidat yang potensial awalnya adalah LigNex1 akan tetapi kemudian dimenangkan oleh Hanwa Thales. LigNex1 sendiri adalah bagian dari Group LG sedangkan Hanwa adalah bagian dari Samsung. Lignex1 sendiri awalnya adalah mengembangkan Local AESA radar untuk FA50 NG sedangkan Hanwa Thales memakai platform AESA RBE2-AA yang digunakan Rafale. Reputase Radar Rafale dalam menghadapi Raptor menjadi cerita “heroik” tersendiri.

Baru-baru ini di-release informasi terbaru mengenai 3 teknologi INTI KFX yaitu untuk pengembangan Avionik dan Mission System, IRST dan Targeting Pod. Pada sebuah upacara yang diadakan pada pameran ADEX Seoul edisi 2017, Leonardo telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Hanwha Systems, untuk bersama-sama menyediakan sistem avionik dan mission system untuk KFX Korea dan pelanggan internasional lainnya. Kesepakatan tersebut pada awalnya akan melibatkan kedua perusahaan tersebut bekerja sama untuk mengembangkan dan memberikan sistem penargetan. Leonardo memberikan kontribusi keahlian dan pengalaman produksi sistem avionik untuk program jet tempur Eurofighter Typhoon dan Saab Gripen E.

Sebagai bagian dari kerjasama, Leonardo merencanakan untuk melokalisasi bagian-bagian produksi sensor dengan Hanwha Systems di Korea Selatan dan akan membantu mengembangkan kemampuan perusahaan di sejumlah bidang teknologi maju.

Keahlian Leonardo dalam bidang elektronika untuk jet tempur sudah mapan. Di bidang IRST, perusahaan menyediakan sistem ‘Skyward-G’ untuk jet Saab Gripen-E dan memimpin konsorsium EuroFIRST untuk sensor IRST ‘PIRATE’ untuk Eurofighter Typhoon. Yang terakhir ini telah diuji secara ekstensif oleh Angkatan Udara Inggris dan Italia dan akan dikirim untuk pelanggan Kuwait. Setelah menginvestasikan waktu bertahun-tahun dalam pemrosesan sinyal dan perangkat lunak yang ada di jantung sistem IRST, Leonardo akan dapat bekerja sama dengan Hanwha Systems untuk menghadirkan sensor yang efektif yang dapat mengenali dan melacak target dengan akurat, bahkan dengan mempertahankan pelacakan pada dua target yang terpisah.

Untuk kerjasama teknologi targeting pod ini, Leonardo akan membawa pengalamannya menyediakan laser target untuk berbagai sistem pesawat terbang canggih. Hal ini termasuk perancang laser untuk pod penargetan Sniper® dan LITENING sistem penargetan F-35 dan Apache EO. Di seluruh dunia, bisnis laser Leonardo mencakup sekitar 75% pasar global untuk laser militer berenergi tinggi dan kolaborasi terbaru ini akan menerjemahkan posisi kepemimpinan ini ke dalam sistem penargetan elektro-optik kelas dunia untuk pasar Korea dan ekspor.

Kesepakatan tersebut akan memperluas kegiatan Leonardo yang sudah substansial di Republik Korea. Leonardo telah sukses dalam memasok helikopter AW159 ke Angkatan Laut Republik Korea (RoKN) untuk memenuhi kebutuhan helikopter operasional maritimnya. AW159 yang dioperasikan oleh RoKN membawa avionik Leonardo seperti Suite Bantu Defender Helikopter (HIDAS), yang telah terbukti secara luas beroperasi dengan Angkatan Bersenjata Inggris di Afghanistan, radar AESA yang dioperasikan secara aktif oleh Discovery’s Seaspray 7000E dan elektronik terbaru perusahaan tersebut, peralatan peperangan yang disebut ‘SAGE’.

Disunting dari : www.leonardocompany.com
Oleh : Senopati Pamungkas

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *