Yunani Ingin 70 OH-58D Kiowa Warrior Bekas AS

Yunani Ingin 70 OH-58D Kiowa Warrior Bekas AS

Militer.or.id – Yunani Ingin 70 OH-58D Kiowa Warrior Bekas AS.

Helikopter utilitas militer Bell OH-58D Kiowa Warrior. © US Army

Militer.or.id – Yunani belakangan ini harus menyelesaikan pekerjaan administrasi terkait rencana akuisisi 70 unit helikopter utilitas militer OH-58D Kiowa Warrior, buatan Bell Helicopters yang sebelumnya dioperasikan oleh Angkatan Darat AS, seperti dilansir dari laman Flight Global. (22/1/2018)

Menurut sumber-sumber program Excess Defense Articles (EDA) militer AS, helikopter pengintai, plus persenjataan dan peralatan terkait lainnya, akan dikirimkan mulai akhir tahun ini. Kemampuan operasional awal diperkirakan pada tahun 2019.

Athena maju pada rencana akuisisi tersebut, menyusul persetujuan 9 Januari dari dewan pemerintah Yunani yang merekomendasikan agar program tersebut dialokasikan € 44 juta (US $ 54 juta). Jumlah ini akan mencakup biaya pelatihan penerbang dan tenaga teknis, mengembalikan helikopter tersebut ke status aktif untuk dikirimkan ke Yunani, dan memperoleh suku cadang untuk operasi dua tahun pertama.

Paket EDA untuk Yunani tersebut dengan rincian sebagai berikut:

  • 36 unit helikopter Bell OH-58D lengkap
  • 24 unit helikopter tanpa dilengkapi peralatan avionik, navigasi dan komunikasi tertentu dan akan didedikasikan untuk pelatihan
  • 10 airframe sebagai suku cadang

Untuk digunakan oleh tentara Yunani, OH-58D akan dipersenjatai dengan rudal udara-ke-permukaan AGM-114K Hellfire buatan Lockheed Martin, roket Hydra-70 70mm dan senapan mesin kaliber .50.

Yunani akan menjadi negara ketiga yang akan mengakuisisi helikopter OH-58D surplus melalui program EDA Washington, dimana sebelumnya Kroasia telah menerima 16 unit helikopter ini pada tahun 2016 dan Tunisia sedang dalam proses untuk menerjunkan 24 helikopter contoh dinegaranya.

Tentara Yunani hingga saat ini memiliki total lebih dari 160 pesawat rotor garis depan, diantaranya termasuk Agusta-Bell AB205 dan AB206, Bell UH-1H, Boeing AH-64A D Apache, CH-47D/SD Chinook dan NH Industries NH90.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *