Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Rencana Pembentukan ASEAN Coast Guard Forum

Militer.or.id – Rencana Pembentukan ASEAN Coast Guard Forum.

Delegasi Indonesia dipimpin Direktur Strategi Bakamla RI Laksma TNI Eko Jokowiyono, S.E., M.Si. menghadiri pertemuan ke-2 Expert Group Meeting on the Establishment of ASEAN Coast Guard Forum pada Kamis 25/1/ 2018 di Manila, Filipina.

Manila, Militer.or.id – Delegasi Indonesia dipimpin Direktur Strategi Bakamla RI Laksma TNI Eko Jokowiyono, S.E., M.Si. menghadiri pertemuan ke-2 Expert Group Meeting on the Establishment of ASEAN Coast Guard Forum (ACGF), yang secara resmi dibuka oleh Commandant Philippine Coast Guard, Rear Admiral Elson E Hergomino PCG, pada Kamis 25 Januari 2018 di Manila, Filipina.

Pada sambutan pembukaan, Rear Admiral Elson menekankan pentingnya kerja sama antara Coast Guard di ASEAN guna menjamin keamanan dan keselamatan jalur-jalur perdagangan di wilayah Asia Tenggara.

Hal senada juga diungkapkan Rear Admiral Joel Garcia PCG selaku Chair pada pertemuan ini, menekankan pentingnya kerja sama coast guard di ASEAN sebagai salah satu upaya untuk mensukseskan agenda ASEAN Economic Community 2025.

Dikatakannya, elemen utama untuk mencapai ASEAN Economic Integration adalah ASEAN Single Shipping Market dan coast guard merupakan unsur utama dalam rangka menjaga keamanan dan keselamatan pelayaran.

Pertemuan yang dijadwalkan berlangsung selama 2 hari ini bertujuan untuk membahas lebih lanjut tentang rencana pembentukan ASEAN Coast Guard Forum serta membahas lebih dalam terkait dengan dokumen pembentukan dari forum tersebut.

Pertemuan yang diselenggarakan oleh Filipina selaku tuan rumah dan dihadiri oleh delegasi dari Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Myanmar dan Vietnam ini juga menjadi forum pertukaran pikiran mengenai pentingnya coast guard forum di ASEAN.

Berdasarkan pemaparan dari negara-negara yang hadir, secara prinsip terdapat kesepakatan bahwa coast guard/maritime law enforcement forum di ASEAN merupakan suatu kebutuhan dalam rangka meningkatkan kerja sama keamanan dan keselamatan laut di ASEAN.

Turut serta hadir selaku anggota delegasi Indonesia yaitu Kasubdit Kerja Sama Luar Negeri Bakamla RI, Satya Pratama, S.Sos., M.Sc.; Kasi Kerja Sama Multilateral dan Organisasi Internasional Bakamla RI Hudiansyah Is Nursal, S.H., MILIR, dan perwakilan dari Kementerian Luar Negeri Muhammad Taufan, Ph.D. (Humas Bakamla RI)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *