Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Irak Telah Peroleh Enam T-50 Golden Eagle

Militer.or.id – Irak Telah Peroleh Enam T-50 Golden Eagle.

Pesawat tempur ringan T-50IQ Angkatan Udara Irak buatan KAI. © Alert5.com

Militer.or.id – Angkatan Udara Irak telah menerima setidaknya enam jet tempur ringan berbasis pesawat latih supersonik T-50 Golden Eagle Korea Aerospace Industries (KAI), seperti terlihat dalam foto yang dipublikasikan oleh akun media sosial angkatan udara, Alert 5.

Pada tahun 2013, Irak telah memesan sebayak 24 unit jet tempur ringan T-50IQ serta termasuk pelatihan senilai US $1,1 miliar. KAI pun telah mengumumkan bahwa mereka telah dikontrak untuk memberi dukungan atas pesawat tersebut selama 20 tahun dan total kesepakatan tersebut menjadi US $2 miliar.

Negara Irak telah memesan 24 jet tempur ringan T-50IQ, dan berdasarkan nomor seri yang ditunjukkan dalam foto tersebut setidaknya ada enam jet tempur di yakini telah dikirimkan.

Pesawat tempur ringan T-50IQ berada di hangar. © Alert5.com

Pesawat tempur ringan T-50IQ Angkatan Udara Irak. © Alert5.com

Versi pesawat tempur ringan FA-50 Irak diberi label sebagai T-50IQ, dapat dipersenjatai rudal udara ke udara dan udara ke permukaan, senapan mesin serta bom berpemandu dengan senjata presisi dan amunisi lainnya, menurut keterangan KAI pada tahun 2013.

Sementara itu pada 16 Maret 2017 yang lalu, Komandan Angkatan Udara Irak (IqAF) Letnan Jenderal Anwar Hamad Amin telah mengumumkan bahwa IqAF telah menerima batch pertama jet tempur rigan T-50IQ dari Korean Aerospace Industries (KAI).

Anwar Hamad Amin mengatakan bahwa jet tempur ringan tersebut dikirimkan dengan persenjataan dan peralatan, serta akan memasuki layanan dalam waktu dekat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *