Pentagon Setuju Menjual Rudal “Sea Sparrow” ke Finlandia

Pentagon Setuju Menjual Rudal “Sea Sparrow” ke Finlandia

Militer.or.id – Pentagon Setuju Menjual Rudal “Sea Sparrow” ke Finlandia.

Kapal indul USS Carl Vinson meluncurkan rudal Evolved Sea Sparrow di Samudera pasifik, 23 Juli 2010. © US Navy via wikimedia.org

Militer.or.id – Selain menyetujui penjualan lebih dari 100 rudal jelajah anti kapal kepada Finlandia, pemerintah Amerika Serikat juga telah mengumumkan memberi izin penjualan 68 rudal pertahanan udara RIM-162 Evolved Sea Sparrow buatan Raytheon kepada Angkatan Laut Finlandia.

Menurut Badan Kerjasama Pertahanan Keamanan AS (DSCA) di hari Sehin, kesepakatan itu mencapai $ 112,7 juta, termasuk dukungan logistik dan teknis.

DCSA juga menyebut bahwa penjualan yang diusulkan ini, akan mendukung kebijakan luar negeri dan tujuan keamanan nasional AS dengan meningkatkan keamanan negara mitra yang telah dan terus menjadi kekuatan penting bagi stabilitas politik di Eropa.

Finlandia bermaksud menggunakan rudal anti pesawat ESSM tersebut pada korvet baru kelas Skadron 2020. Rudal tersebut akan memberi peningkatan kemampuan dalam hal pertahanan yang efektif terhadap jalur laut kritis & sekaligus memperbaiki kemampuan Finlandia dalam menghadapi ancaman senjata anti kapal musuh.

Meskipun Finlandia belum pernah membeli rudal anti pesawat ESSM buatan Raytheon sebelumnya, namun DSCA merasa yakin bahwa mereka tak akan mengalami kesulitan mengadopsi kemampuan rudal ESSM ke dalam Angkatan Laut Finlandia.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *