Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Kementerian Pertahanan Rusia Segera Peroleh 14 Su-30SM

Militer.or.id – Kementerian Pertahanan Rusia Segera Peroleh 14 Su-30SM.

Jet tempur Su-30SM Rusia (photo : Alex Beltyukov / Russianplanes.net, via commons.wikimedia.org)

Militer.or.id – Pada tahun 2018, Kementerian Pertahanan Rusia akan menerima 14 jet tempur Su-30SM dan 10 jet pelatih tempur Yak-130, menurut keterangan Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Yuri Borisov pada hari Kamis, seperti dilansir dari TASS.

“Program produksi untuk tahun ini hanya mencakup 24 pesawat, yakni 10 pesawat latih Yak-130, 12 jet tempur Su-30SM untuk angkatan udara dan 2 untuk angkatan laut”, katanya.

Borisov menambahkan bahwa hingga saat ini sebanyak 92 jet pelatih tempur Yak-130 sudah beroperasi, dan Kementrian Pertahanan berencana untuk membeli lebih banyak lagi dalam kontrak jangka panjang yang akan ditanda tangani tahun in.

Selain itu, Borisov juga menyebutkan bahwa kontrak besar untuk jet tempur Su -30SM akan ditandatangani di bawah program persenjataan negara.

Jet tempur multi peran Su-30SME (Flanker-H) tersebut, dirancang untuk mendapatkan supremasi udara dan menyerang target berbasis permukaan dan darat.

Jet tempur memiliki canard dan mesin swiveling-nozzle untuk kendali vektor dorong, yang membuatnya sangat mudah bermanuver. Jet tempur Su-30SM juga di lengkapi radar kendali tembak serbaguna Bars. Jajaran persenjataan untuk jet tempur ini terdiri dari berbagai amunisi, seperti rudal udara-ke-udara dan senjata udara-ke-permukaan presisi.

Pesawat Su-30SM ini dapat digunakan untuk melatih pilot mengoperasikan jet tempur berkursi tunggal. Produksi jet tempur Su-30SM untuk Angkatan Udara Rusia di mulai pada tahun 2012.

Yak-130 adalah jet tempur ringan berkursi ganda generasi baru yang digunakan untuk melatih para pilot dan melakukan misi tempur. Karakteristik penerbangan, kemampuan manuvernya serupa dengan jet tempur modern sehingga memungkinkan digunakan untuk melatih pilot pesawat tempur generasi 4+ dan 5.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *