Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Wow, Jet Tempur Multiperan di Kawasan Asia Pasifik

Militer.or.id – Wow, Jet Tempur Multiperan di Kawasan Asia Pasifik.

Jet tempur Sukhoi Su-35S Angkatan Udara Rusia. © Dmitry Terekhov (CC BY-SA 2.0) via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Peristiwa terkini di kawasan Asia Pasifik, mempunyai kepentingan langsung tentang pentingnya jet tempur multi-peran. Dalam beberapa tahun terakhir, Republik Rakyat Cina (RRC) telah menegaskan hak atas berbagai wilayah teritorial dan maritim di Laut China Selatan dan Laut China Timur.

Tak perlu dikatakan, klaim China diperebutkan oleh aktor lokal tetangga, dan kekuatan ekstra-regional seperti Amerika Serikat.  Baru-baru ini, sepanjang Januari dan Februari, Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) telah mengklaim bahwa mereka juga punya perangkat nuklir.

Korea Utara telah meluncurkan rudal balistik jarak pendek ke laut timur semenanjung Korea, dan telah membuat klaim bahwa pihaknya sedang mengembangkan hulu ledak nuklir yang cukup kecil untuk dimuat pada rudal balistik. Peristiwa tersebut tentu telah meningkatkan ketegangan, sehingga kekuatan lokal dan global meningkatkan postur kesiapan mereka disana.

Sebagai negara adidaya global, AS sedang fokus kepada kawasan Asia Pasifik, menyusul penataan kembali kebijakan luar negeri AS yang sudah digaungkan oleh pemerintahan Presiden Barack Obama di tahun 2011.

AS telah meningkatkan kehadirannya dalam berbagai cara termasuk penyebaran secara reguler ke kawasan Paket Keamanan Teater dengan pesawat tempur multi peran.

Modernisasi

Jelas bahwa kawasan Asia Pasifik adalah sarang aktivitas dan juga ketegangan, dan oleh karena itu para pejuang yang ada memainkan peranan yang sangat penting, termasuk mengapa berbagai negara meningkatkan, mengembangkan atau mengadopsi pejuang baru.

Varian F-16 adalah pemandangan umum di seluruh Asia Pasifik karena ini dioperasikan oleh Indonesia, Korea Selatan, Singapura, Taiwan, Thailand dan USAF. Begitu pun varian F-15 yang diterjunkan oleh Jepang, Korea Selatan dan juga Singapura. Pada waktunya, semua jenis pesawat ini perlu diperbarui atau diganti.

Jet tempur generasi kelima, F-35 Lightning II. © skeeze via pixabay.com CC0

Sementara itu jet tempur baru F-35 Lightning-II menjadi faktor yang kuat di kawasan Asia Pasifik karena Australia, Jepang dan Korea Selatan telah memesan untuk membeli jet tempur generasi kelima ini. F-35 masih tetap molor dari jadwal Ini juga masih terus menghadapi rintangan pengembangan perangkat lunak yang rumit.

Program

Dari berbagai negara yang tengah mengeksplorasi pengadaan pesawat tempur baru, Indonesia dan Malaysia tampaknya merupakan paling jauh melangkah hingga saat ini.

Melihat ke belahan bumi selatan, Australia telah mengakuisisi 24 unit pesawat tempur Boeing F/A-18E/F Super Hornet sebagai pengganti General Dynamics F-111C, serta untuk melengkapi armada legenda Boeing F/A-18A/B/C/D Hornet Australia.

Menurut Angkatan Udara Australia (RAAF), tidak ada rencana upgrade untuk legenda F/A-18A/B Hornet saat ini, namun akan dipelihara dan memastikan mereka tetap bisa beroperasi.

Australia akan menghapus F/A-18A/B Hornet ini pada akhir tahun 2021 dan beralih ke F-35A. Pemerintah Australia setuju untuk membeli 72 unit F-35A untuk mengganti 71 armada F/A-18A/B yang menua.

India

India memiliki banyak program pesawat tempur yang sedang berlangsung. Negara ini, melalui Hindustan Aeronautics Limited (HAL), telah berkolaborasi dengan Sukhoi untuk mengembangkan T-50 PAK-FA, yang dikenal sebagai Fifth Generation Fighter Aircraft (FGFA).

Program ini telah mengalami penundaan terutama karena kendala fiskal India, namun kedua negara tetap terlibat dan berencana untuk menginduksi pesawat tersebut ke dalam pasukan mereka di tahun-tahun mendatang.

Jet tempur Rafale EM Angkatan Udara Mesir. © Ahmed XIV via Wikimedia Commons

HAL juga telah merancang dan membangun jet tempur Tejas Mk.1/1A. Pada tanggal 17 Januari 2015, Tejas Mk.1 pertama secara resmi dilantik ke dalam Angkatan Udara India (IAF), dengan izin operasi akhir yang diharapkan pada pertengahan 2016.

Lebih dari 200 jet tempur Tejas Mk.1/1A diperkirakan akan dibangun untuk IAF.

Pemerintah India dan Prancis saat ini sedang dalam proses menyelesaikan perolehan 36 jet tempur Dassault Rafale-B/C. IAF juga punya persyaratan MRCA tambahan, sehingga perusahaan seperti Saab meningkatkan kehadiran mereka di India untuk memposisikan JAS-39 Gripen E/F mereka untuk memenuhi persyaratan produksi asli ‘Make in India’.

Demikian pula Lockheed Martin telah menyatakan bahwa jika berhasil dalam kompetisi masa depan, akan bersedia memproduksi varian F-16V di India.

Indonesia

Seperti halnya India, Indonesia juga mencari pesawat baru, terutama untuk mengganti jet tempur F-5E/F Tiger. TNI-AU telah memilih lima kandidat pengganti yang terdiri dari Rafale-B/C, Eurofighter Typhoon, F-16V, JAS-39 Gripen E/F, dan Sukhoi Su-35 Flanker.

Dan akhirnya pada 14 Februari kemarin secara resmi kesepakatan senilai $1,14 miliar ditandatangani untuk menyediakan 11 unit Su-35 ke TNI-AU sebagai pesawat tempur superioritas.

Selain itu, Indonesia dan Korea Selatan juga bekerjasama untuk memproduksi pesawat tempur masa depan dalam proyek KFX/IFX, dimana Indonesia membantu sebahagian dari pendanaan proyek tersebut.

Jepang

Jauh dari Asia Tenggara, Jepang adalah salah satu pelanggan F-35A. Jepang memesan 42 jet tempur F-35A dan sebagian besar akan dibangun Mitsubishi Heavy Industries.

Boeing menjelaskan korelasi potensi dari F-15J menjadi F-15 Advanced sebagai suatu upgrade untuk F-15J Jepang. Boeing pun bekerjasama dengan pemerintah Jepang dan mitra industri seperti Mitsubishi Heavy Industries untuk menawarkan upgrade kepada armada F-15 JASDF saat ini dan menjaga agar misi pesawat tersebut efektif sampai pertengahan abad ke-21

Fitur seperti radar AESA, Digital Electronic Warfare Systems (DEWS) dan daya angkut senjata yang diperluas juga akan memaksimalkan kemampuan udara-ke-udara untuk membela Jepang dan kedaulatan wilayahnya.

Malaysia

Dari semua negara di kawasan Asia Pasifik, program pengadaan pesawat tempur yang paling matang tampaknya berada di Malaysia, yang berusaha menggantikan pesawat MIG-29N/NUB mereka yang sudah tua.

Seperti yang bisa dibayangkan, semua produsen pesawat tempur utama mengajukan barang dagangan mereka. Boeing yakin bahwa F/A-18E/F mampu melengkapi armada warisan F/A-18C/D Malaysia yang ada, dan mengatakan bahwa bahwa F/A-18C/D ini paling baik memenuhi persyaratan TUDM berdasar kemampuan yang ditawarkannya termasuk dukungan, keterjangkauan dan interoperabilitas dengan armada Hornet di Malaysia

Jet tempur Su-30MKM Malaysia dan F/A-18E US Navy. © US Navy via Wikimedia Commons

Usaha Eurofighter di Malaysia dipelopori oleh perusahaan BAE Systems. Seorang juru bicara perusahaan berkata bahwa perusahaan siap mendukung Pemerintah Malaysia dalam memenuhi persyaratan untuk kinerja (tempur) yang hemat biaya dan berkinerja tinggi.

Sementara JAS-39 Gripen E/F memberikan pilihan yang terjangkau, dan perusahaan yakin bahwa itu akan sukses.

Filipina

Setelah proses evaluasi menyeluruh, pemerintah Filipina mengumumkan pada bulan Januari 2013 bahwa mereka menyerahkan kontrak pada Korea Aerospace Industries (KAI) untuk menyediakan 12 jet tempur F/A-50.

Jet tempur F/A-50 buatan Korea Selatan milik Angkatan Udara Filipina. © Courtesy Youtube / PH TV

Akuisisi ini memanfaatkan litbang bahwa Korea Selatan telah menginvestasikan armada pesawat F/A-50 miliknya sendiri. Jet tempur F/A-50 Filipina pertama dikirim pada bulan Desember 2015 yang lalu.

Singapura

Meskipun sering tertutup untuk urusan militernya, Angkatan Udara Republik Singapura mengumumkan niat untuk melakukan modernisasi armada jet tempur F-16C/D dengan perangkat tambahan termasuk keluarga senjata Joint Direct Attack Munition buatan Boeing, link data taktis Link-16,helmet mounted display (HMD) dan radar AESA.

Jet tempur F-15SG dikawal sepasang jet tempur F-16C, ketiganya milik Angkatan Udara Singapura (RSAF). © aamanatullah via Wikimedia Commons

Departemen Pertahanan AS mengumumkan di bulan Desember 2015 bahwa Lockheed Martin telah memenangkan kontrak senilai $ 914 juta untuk memodernisasi F-16C/D Singapura.

Singapura juga berencana untuk mengakuisis jet tempur generasi kelima, F-35 dalam 10 tahun ke depan.

Korea Selatan

Seperti Singapura, Korea Selatan diharapkan bergabung dengan klub F-35 dan telah memesan sekitar 40 unit F-35A. Pengadaan ini juga untuk melanjutkan pada program jet tempur domestik KFX di negara itu.

Desain jet tempur masa depan hasil kerjasama Korea Selatan dengan Indonesia, KF-X/IF-X. © Aviation

Program KFX tersebut melibatkan transfer teknologi dari Amerika Serikat, yang sejauh ini telah ditolak oleh pemerintah AS untuk memberikan 4 teknologi intinya. Angkatan Udara Korea Selatan kini mengoperasikan 20 jet tempur F/A-50 yang telah di bangun dengan rencana untuk mengakuisisi hingga total 60 unit.

Program upgrade jet tempur F-16 telah diumumkan oleh Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA) yang memilih Lockheed Martin untuk upgrade jet tempur F-16C/D.

Upgrade ini awalnya diberikan kepada BAE Systems, namun keputusan itu kemudian dibatalkan. DAPA mengonfirmasi bila upgrade Lockheed Martin termasuk pemasangan radar AESA Scalable Agile Beam AN/APG-83, modernisasi avionik, komunikasi baru dan persenjataan baru. Kontrak senilai $ 1,5 miliar mencakup upgrade 134 unit F-16C/D.

Thailand

Selain menawarkan pesawat terbangnya kepada Malaysia, India dan Indonesia, Saab telah menikmati kesuksesan di Asia Pasifik dengan selesainya penyerahan dua belas JAS-39 Gripen C/D kepada Royal Thai Air Force pada tahun 2013.

Jet tempur Gripen C Angkatan Udara Thailand (RTAF). © Fuws260 via Wikimedia Commons

Saab tetap terlibat dengan pemerintah Thailand lewat produk yang telah dikirimkannya, dan diharapkan untuk memperoleh pesanan selanjutnya. Namun, dinamika politik yang terjadi di negara Thailand memberikan tantangan yang berbeda.

Artikel ini pertama kali diangkat oleh Asian Military Review.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *