Pengembangan Jet Tempur KFX Terus Berevolusi

Pengembangan Jet Tempur KFX Terus Berevolusi

Militer.or.id – Pengembangan Jet Tempur KFX Terus Berevolusi.

Model pesawat tempur KFX Korea Selatan diresmikan pada ADEX 2017 di Seoul. © Alvis Cyrille Jiyong Jang (Alvis Jean) via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Jet Tempur Generasi Kelima bersama dengan “Kendaraan Udara Nirawak” adalah kata kunci saat ini dalam industri pertahanan dirgantara.  Jet tempur generasi kelima adalah keajaiban teknologi, yang dimaksudkan untuk bisa melampaui kemampuan pesawat modern generasi ke 4 dan 4,5.

Semua dicapai melalui fasilitas pelacakan dan keterlibatan yang kuat, avionik canggih, instalasi mesin kelas atas, kinerja tangkas, struktur komposit termasuk mewarisi fitur siluman atau stealth untuk membantu mendominasi di medan perang.

Sampai saat ini, hanya ada satu desain jet tempur generasi kelima di langit yaitu F-22, meskipun beberapa perkembangan utama muncul dari Rusia dan juga China. AS tidak diragukan lagi memimpin jalan dengan F-22 Raptor dan F-35 Lightning II yang akan datang dalam pengujian senjata (2012).

Sementara Chengdu J-20 China telah diluncurkan secara strategis melalui propaganda dan Sukhoi Su-57 Rusia telah terlihat terlebih dahulu dalam penerbangan. Dilain pihak, India sedang dalam pengembangan bersama Rusia untuk versi PAK FA yang diproduksi secara lokal dan sebuah usaha serupa dari Turki juga telah diumumkan.

Desain jet tempur generasi kelima Jepang, Mitsubishi ATD-X semakin maju. Sebaliknya, program KFX Korea Selatan sedang menghadapi masalah sulit baik pada bidang politik maupun ekonomi.

Program jet tempur KFX Korea Selatan berusaha untuk merancang, mengembangkan serta menghasilkan jet tempur multirole generasi kelima untuk menciptakan ketidak-seimbangan medan bermain melawan Korea Utara.

Korea Utara memiliki koleksi pesawat buatan Soviet/Rusia yang mana sebagian besar armadanya berasal dari era Perang Dingin. Inisiatif pribumi tampaknya akan memberi Korea Selatan otonomi penuh untuk pertahanan udara dimasa depan dan membiarkan opsi untuk mengekspor sistem itu ke pihak-pihak sekutu yang berminat.

Namun, program jet tempur generasi kelima pribumi sangatlah mahal, serta banyak menghabiskan penelitian dan pengembangan karena mereka harus menerapkannya secara penuh.

Terlepas dari manfaat yang melekat dari program semacam itu, ada kekurangan yang jelas akan mengancam masa depan KFX. Sampai kini, sejumlah konfigurasi juga telah dipelajari tanpa arahan yang jelas dan ditetapkan karena masa depan program tetap diragukan.

Angkatan Udara Korea Selatan sendiri mungkin akan dipaksa untuk menetap pada jet tempur yang ada dan tipe jet tempur generasi ke 4,5 adalah yang paling mungkin ada dalam waktu dekat.

Desain program KFX yang berjalan saat ini pun sama seperti desain jet tempur generasi kelima yang muncul secara global dan meniru garis desain yang sudah ditetapkan oleh F-22 Raptor yang memanfaatkan fitur rendah pengamatan dan manfaat siluman yang melekat.

Korea Selatan hanya mampu meyakinkan Indonesia untuk berkomitmen sebesar 20% terhadap usaha dimana Korea Selatan mengendalikan setidaknya 60% saham didalam program tersebut, memberikan hak yang ia inginkan untuk keuntungan ekspor masa depan.

Turki pernah mempertimbangkan untuk turut serta berpartisipasi dalam program KFX namun mengundurkan diri karena ada perselisihan saat pembagian saham yang sama besar tidak diberikan dan kemudian membuat program jet tempur generasi kelimanya sendiri.

Selain itu, kemampuan teknologi Korea Selatan yang saat ini memerlukan bantuan dan tawaran luar negeri telah dilakukan untuk memperoleh bantuan Lockheed, Saab, EADS dan Boeing.

KFX akan diterjunkan bersamaan ataupun menggantikan KF-16 atau F-16 versi Korea Selatan. Korea Selatan menginginkan KFX untuk dapat mengisi kekosongan teknologi serta kinerja antara turunan F-16 dan F-35 Lightning II yang lebih maju dalam wujud jet tempur multirole ringan.

Pada tanggal 2 Agustus 2011, sebuah fasilitas penelitian yang terkait dengan program KFX membuka pintunya di Daejeon. “Definisi konsep” terus berlanjut sejak 2012 dan KAI (Korea Aerospace Industries) menjadi kontraktor utama program ini.

Samsung Techwin telah dipilih untuk mengembangkan mesin yang dibutuhkan meski ini masih didasarkan pada desain mesin asing yang telah ada dan terbukti sehingga mempercepat pengembangan. Elektronika akan dikelola oleh perusahaan LIG Next.

Terdapat dua desain, KFX-101 dan KFX-102 yang saling bersaing untuk mendapatkan hak penuh atas program KFX. KFX-101 adalah desain konvensional dan menggunakan mesin tunggal sementara KFX-102 adalah konfigurasi mesin ganda bersayap delta dan dengan canard depan.

KFX-101 akan lebih murah dan lebih sedikit teknologi untuk dikembangkan dan juga diproduksi, sedangkan KFX-102 akan memberikan kinerja mumpuni yang dibutuhkan untuk intersepsi dan superioritas udara yang diperlukan.

Pemasangan dan pembuatan juga lebih rumit serta mahal untuk bisa diproduksi dalam jumlah yang dibutuhkan. Diperkirakan sekitar 130 pesawat terbang akan diproduksi di batch awal untuk Korea Selatan dan Indonesia, dimana Indonesia akan diberikan jatah 50 unit atas keterlibatan pendanaan awal mereka.

Sampai saat ini, masih banyak rintangan dalam membawa KFX ke tempat terang. Ada keraguan serius mengenai kelayakan Korea Selatan (bahkan secara internal) untuk bisa menyelesaikan program intensif berskala besar tersebut karena teknologi, produksi dan biaya tingkat tinggi yang terkait dengan tidak ada jaminan yang dirasakan dari produk akhir.

Bahaya kegagalan inisiatif tersebut, dapat membuat industri pertahanan Korea Selatan mundur beberapa tahun dari tujuannya untuk mencoba melampaui Korea Utara (dan juga China, yang telah mengembangkan dua jet tempur canggih).

Ini mungkin berhasil bahwa Angkatan Udara Korea Selatan mengendap pada desain jet tempur luar negeri lainnya untuk membeli termasuk tambahan F-16, F-35, Jas Gripen, Eurofighter Typhoon atau Dassault Rafale.

Oktober 2014 – Program KFX telah secara resmi mendapat persetujuan bersyarat dari menteri pertahanan untuk pembangunan. Desain KFX-200 bermesin ganda pun telah dipilih mengalahkan proposal KFX-100 bermesin tunggal.

Januari 2016 – Pengembangan untuk jet tempur KFX berskala penuh telah diumumkan. Indonesia tetap menjadi mitra aktif dan batch pertama dari 40 pesawat pun diharapkan pada selesai 2026. Sebanyak 120 jet tempur KFX mungkin tersedia pada awal 2030-an.

Mei 2016 – Mesin turbofan buatan General Electric F414-400 telah dipilih menjelang penawaran EuroJet EJ200 untuk program jet tempur KFX. Penerbangan pertama telah dijadwalkan pada tahun 2020. Mesin ini akan dibangun secara lokal (dengan lisensi) di bawah label merek Hanwha Techwin. Pemilihan mesin tersebut dapat mempengaruhi nilai ekspor sistem KFX.

Oktober 2017 – Desain KFX yang direvisi mencerminkan pesawat yang berukuran lebih besar dan lebih berat. Para insinyur juga mengkonfirmasi varian berkursi ganda sedang dikerjakan. Dukungan persenjataannya termasuk dari seri rudal MBDA Meteor Eropa. Sepertinya, program KFX akan melangsungkan penerbangan perdana di tahun 2022 dengan perkembangan akan terus berlanjut hingga pertengahan 2020-an. Pengiriman ditetapkan akan berlangsung pada tahun 2026.

Artikel ini pertama kali diangkat oleh Military Factory.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *