Ukraina Sepakat Ekspor Tank Oplot ke AS

Militer.or.id – Ukraina Sepakat Ekspor Tank Oplot ke AS.

Purwarupa tank tempur utama T-84BM Oplot buatan Ukraina. © Victor Dashkiyeff (CC BY-SA 2.0) via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Pemerintah AS telah mencapai kesepakatan dengan badan ekspor senjata Ukraina (UkroBoronExport) untuk mendapatkan tank tempur utama Oplot, seperti dilansir dari laman media Oboronno PK.

Pabrik Malyshev yang berada di Kharkiv akan menyiapkan satu tank Oplot untuk Amerika Serikat. Adapun pengiriman tank Oplot akan dilakukan oleh perusahaan eksportir khusus UkroBoronExport.

HARUS BACA :  Australian Defence Tech Company Secures $2.25m Contract with US Marine Corps

Sumber publikasi menyatakan pengiriman tank Oplot ini merupakan prospek masa depan.  Menurut dia, Amerika tertarik untuk mempelajari teknologi Ukraina dan sedang mempertimbangkan kerjasama teknis-teknis masa depan dengan Kyiv.

Tank tempur utama Oplot adalah kendaraan tempur berantai yang punya daya tembak tinggi, proteksi yang andal dan mobilitas tinggi. Tank Oplot dikembangkan oleh Kharkiv Morozov Machine Building Design Bureau (KMDB) untuk Angkatan Bersenjata Ukraina.

HARUS BACA :  AS dan Korea Utara di Ambang "Konflik Berskala Besar"
HARUS BACA :  Rusia Uji Duet Maut S-400 dan Pantsir-S1

MBT Oplot-M dilengkapi dengan Explosive Reactive Armor (ERA) generasi terbaru, yang melindungi tank dari serangan hulu ledak tandem. Tank telah dilengkapi dengan sistem penanggulangan Shtora, untuk mengurangi resiko terkena serangan senjata anti tank yang dilengkapi dengan pemandu semi otomatis.

Tank tempur utama Oplot-M ini dipersenjatai dengan senjata smoothbore kaliber 125 mm dan dilengkapi autoloader tipe karosel. Tank ini bisa menembakkan rudal anti tank 9K119M Reflex (NATO menyebutnya AT-11 Sniper-B).

HARUS BACA :  Korban Penembakan KKB adalah Pahlawan Pembangunan Papua

Perlu dicatat sebelumnya bahwa Ukraina bukan kali ini saja memasok tank ke AS. Pada tahun 2003, Pemerintah AS juga telah memperoleh empat tank tempur utama T-80 UD dari Ukraina. Keempat tank T-80UD tersebut tiba di Pusat Uji Aberdeen Angkatan Darat AS antara Desember 2003 dan Januari 2004.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Selain USS Coronado, Tiga Kapal Perang China Juga Sandar di Tanjung Priok

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Reaksi Dunia Terhadap Serangan Udara Suriah