Manuver Aerobatik dari Pesawat A-10 Warthog

Manuver Aerobatik dari Pesawat A-10 Warthog

Militer.or.id – Manuver Aerobatik dari Pesawat A-10 Warthog.

Manuver “vertical 540” dari pesawat A-10 Warthog. © Senior Airman Betty Chevalier/Youtube

Militer.or.id – A-10 Thunderbolt II adalah pesawat jet tempur berkursi tunggal dan bermesin ganda yang memiliki spesialisasi sebagai pesawat dukungan udara yang sudah dibuat pada awal 1970.

Pesawat A-10 Thunderbolt II atau lebih dikenal sebagai A-10 Warthog diproduksi oleh pabrikan pesawat Fairchild Republic, perusahaan yang didirikan pada tahun 1925 dan beberapa kali berpindah kepemilikan. Terakhir kali perusahaan ini dibeli oleh industri pertahanan Israel, Elbit Systems.

A-10 Warthog dirancang untuk kebutuhan Angkatan Udara AS guna melindungi dan dukungan udara (CAS: Close Air Support) bagi pasukan darat dari serangan tank atau kendaraan tempur lapis baja musuh. A-10 merupakan pesawat tempur pertama milik AS yang dirancang untuk dukungan udara.

Pesawat tempur A-10 Warthog ini sangat bermanuver, tidak perlu banyak daya dorong untuk berbelok, mengelak dan berguling. Jadi, manajemen energi adalah sesuatu yang dipelajari dari awal oleh pilot A-10.

Tidak seperti jet tempur dengan afterburner, pilot Warthog tidak bisa cuma mendorong throttle ke depan untuk mengubah bahan bakar menjadi energi kinetik sesuai keinginan.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *