Sengkarut Konflik AS-Rusia di Suriah

Sengkarut Konflik AS-Rusia di Suriah

Militer.or.id – Sengkarut Konflik AS-Rusia di Suriah.

dok. Pasukan Rusia di Latakia, Suriah (photo Mil.ru)

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Jim Mattis pada hari Selasa, 27-3-2018 mengatakan AS telah melihat operasi dari pasukan yang berafiliasi dengan Rusia di Suriah Timur jumlahnya berkurang setelah jet tempur AS menembaki ratusan tentara bayaran Rusia (Russian mercenaries) yang diduga bertempur melawan pasukan yang didukung AS pada awal Februari 2018.

Mattis mengatakan Departemen Pertahanan AS memiliki keyakinan kepada para perwira Rusia yang menggunakan jalur deconfliction untuk memberitahu rekan AS, tentara bayaran itu tidak berada di bawah kendali mereka, dirilis Military.com, 27-3-2018.

“Sampai hari ini, saya tidak memiliki bukti bahwa mereka tidak jujur,” katanya kepada wartawan dalam briefing tak terjadwal di Pentagon. “Kami percaya bahwa, para perwira Rusia mencoba meredakan konflik itu dan mengatakan kepada kami bahwa itu bukan pasukan mereka, saya pikir mereka jujur dengan kami.”

AS pada 7 Februari 2018 meluncurkan udara dan senjata yang signifikan sebagai tanggapan terhadap apa yang diyakini sebagai pasukan pro-Assad yang menyerang Syrian Defense Forces (SDF) yang didukung AS di Provinsi Deir el-Zour. Angkatan Udara mengirim F-22A Raptor Jet Siluman canggih, bersama dengan drone MQ-9 Reaper, untuk mengamati pertempuran 3 jam yang dimulai hari itu.

“Berbagai pesawat gabungan dan artileri berbasis darat merespons dalam membela mitra SDF kami, termasuk F-15E Strike Eagles,” Letnan Kolonel Damien Pickart, juru bicara Komando Pusat Angkatan Udara, mengatakan kepada Military.com pada saat itu.

Tepat setelah penyerangan, para pejabat mengatakan mereka menilai berapa banyak pasukan pro-rezim telah tewas, tetapi diperkirakan jumlahnya sekitar 100. Laporan lain menunjukkan bahwa lebih dari 200 tewas, dengan sejumlah outlet berita mengatakan militan itu adalah tentara bayaran dari Rusia (Russian mercenaries).

Kementerian luar negeri Rusia pada saat itu mengatakan beberapa warganya tewas dalam pertempuran, tetapi tidak akan mengkonfirmasi bahwa mereka adalah kontraktor yang beroperasi atas nama negara. Mattis pada hari Selasa 27 Maret 2018 tidak secara eksplisit mengatakan kelompok tersebut adalah atau telah terdiri dari para pejuang yang dikontrak Rusia.

AS telah mengamati “elemen Rusia seperti ini” dalam beberapa minggu terakhir bergerak terlalu dekat dengan zona dekonflik, tempat SDF beroperasi di sebelah Barat Sungai Eufrat. Pasukan Rusia beroperasi di Timur dekat Deir el-Zour, kata Mattis. Dalam minggu terakhir, “Unsur-unsur itu mundur, jadi kami juga sedikit mundur untuk menurunkan ketegangan antara unsur-unsur di sana,” katanya.

“Terima kasih atas arahan Rusia untuk itu, kelompok ini telah dikurangi,” kata Mattis. Berbicara lebih luas tentang hubungan AS dengan Rusia, dia mengatakan pengusiran diplomat Rusia baru-baru ini di seluruh AS dan di negara NATO menegaskan kembali bahwa perilaku lancang dari Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan ditoleransi.

“Saya mengangkat ini karena Rusia memiliki potensi untuk menjadi mitra dengan Eropa -nasibnya menikah dengan Eropa. (Tapi) Saya pikir sekarang bahwa kita harus mengakui mereka telah memilih mencari hubungan yang berbeda dengan Negara-negara NATO. Itulah yang terjadi, “kata Mattis.

Dia mengatakan insiden di Salisbury pada 4 Maret 2018 melawan agen ganda Rusia dan sekarang warga negara Inggris Sergei Skripal dan putrinya, Yulia, bukan hanya serangan terhadap mereka, tetapi “potensi pembunuhan” pada banyak orang yang dekat dengan agen saraf, dikenal sebagai Novichok.

“Pengusiran banyak diplomat Rusia (di NATO) hingga ke Australia, Eropa, Amerika Utara, Anda dapat melihat bahwa negara-negara yang tampaknya lambat untuk melepas peluang bermitra dengan Rusia, sekarang bertindak atas tindakan yang telah diambil Putin,” kata Mattis.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *