Pasukan AS dan Rusia Nyaris Bentrok di Suriah

Militer.or.id – Pasukan AS dan Rusia Nyaris Bentrok di Suriah.

dok. Pesawat tempur Rusia di Latakia, Suriah. (photo: Mil.ru)

Pentagon, Pasukan Rusia di Suriah nyaris bentrok dengan pasukan Amerika Serikat (AS) dan pasukan yang didukung AS, di bagian Barat negara itu. Namun bisa dicegah setelah percakapan telepon antara seorang jenderal Rusia dan perwira tinggi militer AS, dirilis VOA Indonesia, 28-3-2018.

HARUS BACA :  Program Penyelidikan UFO oleh Pentagon, Berakhir 2012

Insiden awal pekan ini, di sebelah Timur Sungai Efrata di Provinsi Deir al-Zor Suriah, pada Selasa, 27-3-2018, terungkap ketika Menteri Pertahanan AS Jim Mattis menyampaikan keprihatinannya kepada para wartawan. “Kedua pasukan bergerak ke posisi yang lebih depan, terlalu dekat satu sama lain,” ujar Mattis, menyebut mereka “unsur-unsur Rusia.”

Pembicaraan antara Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Joseph Dunford, dan rekannya dari Rusia, Jenderal Valery Gerasimov, meredakan situasi. “Pasukan Rusia mundur,” ujar Mattis. “Kita juga mundur sedikit.”

HARUS BACA :  Kesepakatan S-400 Ancam Peran Turki di Program F-35
HARUS BACA :  Korea Utara Luncurkan 3 Rudal Balistik

Bentrokan yang hampir terjadi antara pasukan Rusia dan AS di wilayah itu menyusul bentrokan bulan lalu, ketika pasukan pemerintah Suriah, bersama dengan tentara bayaran Rusia, menyerang pasukan AS dan pasukan yang didukung AS di wilayah yang sama.

AS menanggapi dengan melancarkan serangkaian serangan udara yang menewaskan sampai 300 tentara, termasuk beberapa orang yang bekerja untuk CHVK Wagner, sebuah perusahaan militer swasta yang terkait Rusia.

HARUS BACA :  Erdogan: Turki Berharap Segera Menerima S-400

Amerika dan Rusia berusaha tidak membesar-besarkan insiden bulan Februari 2018 itu, meskipun Pentagon mengatakan belum tahu mengapa tentara bayaran Rusia itu memutuskan untuk menyerang.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Korps Baret Merah Syukuran HUT ke-66