Rusia Kembangkan Drel, Bom Klaster Siluman

Militer.or.id – Rusia Kembangkan Drel, Bom Klaster Siluman.

Jet tempur multirole generasi kelima Su-57 Rusia. © Dmitry Terekhov via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Perusahaan pertahanan asal Rusia kabarnya telah menyelesaikan pengembangan amunisi kaliber kecil untuk jet tempur generasi kelima Su-57 (PAK FA), seperti dilansir dari laman Sputnik.

Pesawat tempur generasi kelima Su-57 Rusia ini rencananya akan dipersenjatai dengan bom udara “Drel” yang baru dirancang, kata Wakil CEO Techmash Concern, Alexander Kochkin.

“Drel dapat digunakan oleh semua jenis pesawat, mulai dari pengebom strategis jarak jauh hingga pesawat seran darat”, tutur Kochkin kepada media Rusia.

Dia menambahkan bahwa bom “fire and forget” itu memungkinkan untuk dijatuhkan oleh pesawat pembom tanpa memasuki wilayah udara musuh karena bom itu sendiri dapat meluncur lebih dari 30 km (19 mil).

“Pesawat menjatuhkan bom, itu mulai meluncur ke bawah dan sistem self-homing terintegrasi akan menempatkannya pada jalur menuju targetnya”, kata Kochkin menjelaskan. Sebuah klaster sub-amunisi dari bom tersebut akan mampu menghancurkan baterai rudal atau pasukan tank.

Bom ini juga hampir tidak terlihat oleh radar dengan elemen pencari panas serta kebal terhadap penanggulangan radio-elektronik atau jamming.

HARUS BACA :  Live Firing Demo Tank Medium PT Pindad
HARUS BACA :  Z-10 China Mendapat Perisai Semi-Metal “Graphene” – Militer.or.id

Pada bulan Januari, CEO Techmash Concern Vladimir Lepin mengumumkan bahwa bom Drel tersebut dapat dilantik dalam layanan Angkatan Bersenjata Rusia pada awal 2018, setelah selesai dilakukan pengujian.

Dirancang oleh produsen pesawat Sukhoi, Rusia, Su-57 yang baru adalah jet tempur generasi kelima pertama buatan Rusia yang dikembangkan sebagai superioritas dan serangan udara.

Ini adalah jet tempur siluman, sangat bermanuver dan mampu terbang berkecepatan supersonik tanpa mengaktifkan afterburner. Dalam hal karakteristik, Su-57 berada di liga yang sama dengan pembom-tempur generasi kelima F-35 AS.

HARUS BACA :  Rusia Akan Pinjamkan Dana Ke Kuba Dibawah Program Pertahanan

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Penyematan Medali kepada Satgas MTF TNI Konga

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  TNI-TD Malaysia Bertukar Taktik dan Teknik Militer