Malaysia Diharapkan Bikin Pesawat Tempur Sendiri 2030

Malaysia Diharapkan Bikin Pesawat Tempur Sendiri 2030

Militer.or.id – Malaysia Diharapkan Bikin Pesawat Tempur Sendiri 2030.

Mig-29 Malaysia. (photo: Peter Gronemann via commons.wikimedia.org).

Kuala Lumpur, Militer.or.id – Malaysia diharapkan memiliki pesawat tempur sendiri pada tahun 2030, ujar dosen teknik mesin Universiti Putra Malaysia (UPM) dan dosen senior Fakultas Manufaktur Dr Mohd Roshdi Hassan, dirilis Malaysiandigest.com, 19-4-2018, bersumber dari Bernama.

Dia mengatakan dia sekarang memulai studi yang melibatkan berbagai aspek teknis, termasuk desain dan kemampuan mesin, untuk pesawat. “Kami sudah memiliki desain bodi pesawat sesuai fungsinya. Pada dasarnya, ini adalah desain pesawat tempur multi-peran dua mesin atau MRCA.

“(Bahkan,) desain dapat dimodifikasi menjadi pesawat tempur ringan bermesin tunggal (LCA). Terserah kepada pemerintah untuk menentukan jenis desain apa yang akan dikembangkan ke dalam pesawat sungguhan, ”katanya kepada Bernama ketika ditemui di pameran Pertahanan Jasa Asia (DSA) dan Keamanan Nasional (NatSec) Asia 2018 di Kuala Lumpur.

Mohd Roshdi mengatakan pesawat akan memakan waktu setidaknya 10 tahun untuk dibangun jika diberi lampu hijau oleh Kementerian Pertahanan dan ada pihak yang tertarik dari perusahaan pertahanan untuk bekerja sama dalam mengembangkan desain.

Ini karena prosesnya akan melibatkan berbagai perkembangan pesawat dan prototipe senjata sebelum bisa sepenuhnya beroperasi atau dipasarkan ke pasar regional dan internasional, katanya.

Akademisi menjelaskan bahwa ukuran pesawat itu mirip dengan MiG-29 Rusia dan juga dikategorikan sebagai generasi kelima, setara dengan pesawat tempur lainnya yang diproduksi oleh negara-negara maju yang kini memasuki generasi keenam.

Ditanya tentang spesifikasi pesawat, Mohd Roshdi mengatakan di antara mereka adalah radar berkinerja tinggi, sistem peperangan elektronik, dan teknologi siluman untuk membuat jet tak terlihat oleh radar musuh.

“Hal tentang pesawat ini adalah bahwa itu akan ditutupi oleh jenis khusus cat, yaitu Pelapisan Bahan Absorsi Hidrofobik Radar yang berfungsi untuk memperkuat teknologi siluman. Ini juga dapat digunakan dalam segala situasi dan iklim.

“Dibandingkan dengan teknologi Amerika Serikat, pesawat itu menggunakan pelapisan bahan penyerap hidrofilik radar. Meskipun bahan ini memiliki efek yang sama dalam hal teknologi siluman, sisi negatifnya adalah ketika pesawat terbang dalam cuaca hujan atau basah, karena jenis cat ini menyerap air dikhawatirkan akan mengganggu sistem pesawat, ”katanya.

Mohd Roshdi, yang juga pendiri Pusat Inovasi Aerospace Malaysia (AMIC), mengatakan gagasan membangun pesawat tempur buatan Malaysia dimulai pada 2007 ketika ia bekerja di Pusat Teknologi Universitas Rolls-Royce, Universitas Sheffield di Kerajaan Inggris.

“Setelah kembali ke Malaysia pada tahun 2008, saya mulai mengumpulkan sekelompok ahli untuk melakukan penelitian di setiap bidang seperti persenjataan, aerospace, radar, dan sistem navigasi. “Kami hanya siap membicarakan hal ini dengan Kementerian Pertahanan lebih serius setelah 10 tahun,” katanya.

Pameran empat hari di Pusat Perdagangan dan Pameran Internasional Malaysia (MITEC) yang dimulai hari Senin, 16-4-2018, mengumpulkan sekitar 1.500 perusahaan yang terkait dengan pertahanan dan 350 delegasi asing dari 45 negara. (Malaysiandigest.com).

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *