Aero Formasi di Farewell Flight Danskadron I Lanud Supadio

Aero Formasi di Farewell Flight Danskadron I Lanud Supadio

Militer.or.id – Aero Formasi di Farewell Flight Danskadron I Lanud Supadio.

Sertijab Danskadron I, akan dilakukan oleh Letkol Pnb Agung “Cayman” Indrajaya, kepada penggantinya Letkol Pnb Supriyanto, di Apron Lanud Supadio dan dipimpin langsung oleh Danlanud Supadio, Marsma TNI Minggit Tribowo.

Pontianak, Militer.or.id – Aero formasi menjadi salah satu atraksi yang mewarnai farewell flight yang dilakukan oleh para penerbang dari Skadron Udara (Skadud) I Elang Khatulistiwa. Dengan 5 pesawat hawk 100/200, enam penerbang melintasi langit Kota Khatulistiwa.

Terbang formasi ini dilakukan dalam rangka jelang Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Skadron Udara (Danskadud) 1 Lanud Supadio, Selasa (24/4/2018). Sementara Sertijabnya berlangsung pada Rabu 25 April 2018.

Sertijab Danskadron I, dilakukan oleh Letkol Pnb Agung “Cayman” Indrajaya, kepada penggantinya Letkol Pnb Supriyanto, di Apron Lanud Supadio dan dipimpin langsung oleh Komandan Lanud (Danlanud) Supadio, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Minggit Tribowo.

“Farewell flight adalah suatu tradisi yang menandakan adanya perpindahan kepemimpinan atau alih Komando dan Pengendalian (Kodal). Kegiatan ini merupakan ucapan terima kasih dari komandan lama, kepada institusi,” ujar Danskadron I, Letkol Pnb Agung Indrajaya.

Dengan adanya tradisi ini, diharapkan pergantian kepemimpinan di Skadron bisa berjalan baik. Selain itu, farewell flight juga menandakan keberhasilan pejabat lama, yang dibuktikan dengan lahirnya para personel yang handal.

“Atraksi tersebut juga jadi pengingat bahwa Skadud I siap menjalan tugas-tugas selanjutnya, di bawah kepemimpinan pejabat yang baru. Atau bisa juga diartikan sebagai salam perpisahan pejabat lama,” paparnya.

Kegiatan tradisi yang dilaksanakan secara sederhana namun penuh makna tersebut, diawali dengan gelar persiapan kelengkapan terbang formasi, kemudian terbang setengah jam, kemudian diakhiri dengan foto bersama dan salam komando kedua pejabat lama dan baru.

Usai Farawell flight, Letkol Pnb Agung sebagai pejabat yang lama, menyerahkan secara simbolis G Suit lengkap, yang menandai serah terima tanggung jawab kepada pejabat baru, Letkol Pnb Supriyanto.

“Serah terima tersebut dimaknai bahwa wewenang dan tanggung jawab secara utuh di tangan pejabat baru, sehingga ke depanya bisa meningkatkan profesionalitas anggota,” tutur Letkol Pnb Agung.

Danskadron yang lama, Letkol Pnb Agung “Cayman” Indrajaya merupakan alumni Akademi Angkatan Udara (AUU) 1999, sementara pejabat baru Letkol Pnb Supriyanto, adalah alumni AAU tahun 2000.

Letkol Pnb Agung Indrajaya menjabat Danskadud I Elang Khatulistiwa sejak Jumat, 18 November 2016. Saat itu, Danlanud Supadio, Marsma TNI Minggit Tribowo, yang memimpin upacara Sertijab. Penerbang pesawat termpur Hawk 100/200 ini, menggantikan Letkol Pnb Bagus Hariyadi.

Pria kelahiran Samarinda, 24 Desember 1976 ini sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pembinaan dan Latihan (Kabinlat) Wing 7 Lanud Supadio. Letkol Pnb Agung pun berharap, agar pejabat baru Danskadron I, Letkol Supriyanto bisa melanjutkan dan meningkat seluruh program sebelumnya.

“Perlu adanya innovasi dalam memimpin tim penerbang burung besi tempur. Karena sebagai wilayah yang luas, tentunya kita punya tanggung jawab cukup besar. Menjaga safety dalam melaksanakan tugas di lingkungan kerja, adalahyang utama dan wajib dilakukan,” pungkasnya. (tni-au.mil.id)

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *