Yonkav-6/NK Gelar Kesiapan Satuan “Armor Day”

Militer.or.id – Yonkav-6/NK Gelar Kesiapan Satuan “Armor Day”.

Danyonkav 6 Kodam I/BB Letkol Kav Syamsul Arifin mengatakan, bahwa dengan kesiapan operasional Ranpur yang tinggi dan prajurit yang profesional, diharapkan satuan kavaleri dapat berjaya di masa perang dan berguna di masa damai menjaga NKRI.

Medan, Militer.or.id – Batalyon Kavaleri 6/Naga Karimata menggelar Apel Kesiapan dan Gelar Kendaraan Tempur (Ranpur) Yonkav 6/NK pada Rabu 25 April 2018 di sepanjang jalan protokol Yonkav 6/NK, Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara.

Kegiatan yang digelar setiap Hari Rabu pagi tersebut dikenal dengan “Armor Day” Apel Kesiapan dan Gelar Kendaraan Tempur ini dipimpin oleh Danyonkav 6/NK, Letkol Kav Syamsul Arifin diikuti 4 Kompi Satuan Yonkav 6/NK, yakni Kompi Kavaleri 61, 62, 63 dan Kompi Markas.

HARUS BACA :  Army Brigade 414, Military Region 4 : Training to Ensure Engineering in All Situations

Pada kesempatan ini, Danyonkav 6 mengatakan, Ranpur yang digelar dalam kesempatan ini yaitu Tank AMX-13 Canon, Tank AMX 13 APC, Tank AMX 13 Comando, Tank 13 Ambulance dan Panser Anoa. “Kegiatan Armor Day ini bertujuan untuk mengecek kesiapan operasional kendaraan tempur baik tank maupun panser Kavaleri yg menjadi Alutsista satuan Yonkav 6/NK,”ujarnya.

Selain pengecekan Ranpur, pada kesempatan itu juga dilaksanakan latihan Baris Berbaris Kendaraan Tempur (BBK), prosedur kontak serta komunikasi visual kendaraan tempur yang menjadi salah satu kemampuan dasar yang harus dikuasai prajurit baret hitam.

HARUS BACA :  Delegasi UEA Tinjau Operasional F-35 di Israel
HARUS BACA :  Koarmada II Latihan Peperangan Anti Udara dan Anti Permukaan – Militer.or.id

“Latihan ini bermanfaat untuk mengasah pengetahuan maupun keterampilan prajurit Kavaleri khususnya ilmu kekavalerian sesuai Tupoksi jabatan masing-masing,”ujar Danyonkav 6/NK, Letkol Kav Syamsul Arifin .

Sebagai satuan manuver dengan Alutsista kendaraan tempur berlapis baja, satuan Kavaleri memiliki 3 keunggulan yang dikenal sebagai “Tri Daya Sakti” meliputi daya gerak, daya tembak dan daya kejut. Dengan tiga keunggulan tersebut, dibutuhkan kesiapan operasional yang tinggi dari Ranpur-Ranpur satuan Kavaleri yang diawaki prajurit-prajurit yang profesional dan militan.

Kegiatan Armor Day diakhiri dengan kegiatan pemeliharaan gerak Ranpur di sekitar asrama batalyon. Meskipun satuan belum memiliki sarana khusus pemeliharaan gerak Ranpur berupa rayban tank, namun tidak menyurutkan semangat prajurit-prajurit Naga Karimata untuk berlatih.

HARUS BACA :  Rembuk Nasional Kemaritiman dan Pengelolaan Sumber Daya Kelautan 2017

Danyonkav 6/NK Kodam I/Bukit Barisan Letkol Kav Syamsul Arifin mengungkapkan, kegiatan ini selain bertujuan menjaga kesiapan operasional Ranpur, juga dijadikan wahana berlatih kader-kader pengemudi tank satuan Kavaleri.

Pada tahun ini 27 orang prajurit Naga Karimata melaksanakan pendidikan alih golongan dari Tamtama ke Bintara di Pusdikkav Bandung (Diktukbaregkav), sebagian besar mereka menjabat pengemudi tank, sehingga perlu diadakan regenerasi pejabat pengemudi tank.

HARUS BACA :  Army Brigade 414, Military Region 4 : Training to Ensure Engineering in All Situations

“Dengan kesiapan operasional Ranpur yang tinggi dan prajurit yang profesional, diharapkan satuan kavaleri dapat berjaya di masa perang dan berguna di masa damai menjaga NKRI,”jelas Danyonkav 6/NK Kodam I/Bukit Barisan Letkol Kav Syamsul Arifin. (tniad.mil.id).

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Tangkal Roket Houthi, Arab Saudi Borong Iron Dome – Militer.or.id

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here