Pesawat Mata-Mata AS Kembali Dicegat Oleh Flanker Rusia

Militer.or.id – Pesawat Mata-Mata AS Kembali Dicegat Oleh Flanker Rusia.

Jet tempur Sukhoi Su-27SM3 Angkatan Udara Rusia. © Alan Wilson via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Sebuah jet tempur Rusia kembali mencegat pesawat mata-mata militer AS di atas Laut Baltik pada hari Selasa pagi, menurut dua pejabat pertahanan mengatakan pada Fox News.

Jet tempur Su-27 Flanker Rusia telah melakukan pencegatan yang aman namun tidak profesional dari pesawat pengintai P-8 Poseidon milik Angkatan Laut AS saat terbang diwilayah udara internasional di atas Laut Baltik.

HARUS BACA :  Yunani Pernah Akan Tukar Hasil Kebun dengan BMP-3 Rusia

Jet tempur Rusia datang sekitar 20 kaki atau 6 meter dari pesawat Angkatan Laut AS, tetapi para pilot Amerika Serikat mengatakan kepada para pejabat bahwa mereka tak pernah merasa terancam ataupun tidak aman.

Ini adalah insiden pertama antara pesawat militer Rusia dan Amerika Serikat sejak bulan Januari 2018, ketika sebuah jet tempur Su-27 Flanker Rusia mencegat pesawat mata-mata EP-3 Orion milik Angkatan Laut AS di Laut Hitam.

HARUS BACA :  India-Rusia Sepakat Bangun 4 Frigate Project 11356
HARUS BACA :  Infoglobal Di Indo Defence 2018

Dalam insiden itu, jet tempur Su-27 Flanker Rusia datang dalam jarak hanya lima kaki atau 1,5 meter dari pesawat pengintai militer AS, menyeberang langsung melalui jalur penerbangan EP-3, menurut pernyataan dari Armada Angkatan Laut ke-6. Perjumpaan itu begitu dekat sehingga menyebabkan jet mata-mata US Navy terbang melalui jet Rusia.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Heather Nauert mengatakan pada saat itu militer Rusia “secara terang-terangan” melanggar hukum internasional dan mempertaruhkan tabrakan di udara. Dia menyebutnya sebagai contoh terbaru dari kegiatan militer Rusia mengabaikan norma dan perjanjian internasional.

HARUS BACA :  TEST-71 Most Powerful Torpedoes of the Vietnamese Kilo Submarine

Interaksi berlangsung sekitar 160 menit, menurut pernyataan dari Armada 6 Angkatan Laut, yang berkantor pusat di Naples, Italia. Jet-jet AS dan Rusia secara rutin terbang dekat satu sama lain diatas Laut Hitam dan Baltik, tetapi secara profesional menurut Pentagon.

Ketegangan antara Amerika Serikat dengan Rusia meningkat pada akhir pekan, ketika Menteri Luar Negeri Rusia mengklaim bahwa Amerika Serikat sedang mencoba untuk memecah Suriah.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

HARUS BACA :  Presiden Jokowi: Saya Tidak Pernah Mengeluarkan Izin Reklamasi

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Yunani Pernah Akan Tukar Hasil Kebun dengan BMP-3 Rusia

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here