Satgas Yonif R 323 Pastikan Patok Perbatasan Aman

Militer.or.id – Satgas Yonif R 323 Pastikan Patok Perbatasan Aman.

Satu regu personel TNI ini berangkat dari Pos Kalimaro Papua, dipimpin Lettu Inf Yulianus, S. Sos., perjalanan ditempuh selama 3mhari dengan berbagai rintangan yang dihadapi, mulai dari hutan lebat, rawa, dan sungai. Berbagai perlengkapan dibawa untuk mengatasi rintangan-rintangan tersebut.

Kalimaro, Papua, Militer.or.id – Setelah menempuh perjalanan selama 3 hari, 10 orang anggota Pos Kalimaro berhasil mencapai patok batas negara MM 11.3. Perjalanan ditempuh dengan berbagai rintangan yang dihadapi, mulai dari hutan lebat yang jarang dilewati, rawa, dan sungai. Berbagai perlengkapan pun dibawa untuk mengatasi rintangan-rintangan tersebut.

Setelah tiba di patok batas MM 11.3 Regu Personel Pos Kalimaro ini pun memeriksa kondisi patok tersebut, dan memastikan letak koordinat patok tidak bergeser.

Satu regu personel TNI ini berangkat dari Pos Kalimaro pada tanggal 12 Mei 2018 dipimpin oleh Komandan Satuan Setingkat Kompi 1, Lettu Inf Yulianus, S. Sos. Dalam perjalanannya, Regu Patroli ini juga memasang tanda-tanda visual yang terbuat dari plat baja pada setiap check point yang dijadikan patokan arah dalam bergerak.

HARUS BACA :  Tentara Lebanon Terima 8 dari 32 Bradley M2A2
HARUS BACA :  Indo Defence 2018: Delapan Unit Hawk 100/ 200 TNI AU Sedang Jalani Upgrade

Hal ini dilakukan untuk memudahkan satuan tugas selanjutnya untuk mencapai patok perbatasan tersebut. Kondisi hutan yang dipenuhi semak belukar memang sering menyulitkan prajurit TNI dalam perjalanan patroli, meskipun sudah menggunakan alat bantu GPS namun untuk mencari jalan yang efektif harus tetap menggunakan jasa warga sipil yang hafal daerah tersebut.

Hal ini lah yang ingin dilakukan oleh Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad, mengubah kebiasaan sehingga prajurit Satgas nantinya dapat mencapai patok perbatasan dengan mengandalkan check point yang telah dibuat.

Dalam perjalanannya, Regu Patroli ini juga memasang tanda-tanda visual yang terbuat dari plat baja pada setiap check point yang dijadikan patokan arah dalam bergerak.

Setelah tiba di patok batas MM 11.3 Regu Personel Pos Kalimaro ini pun memeriksa kondisi patok tersebut, dan memastikan letak koordinat patok tidak bergeser. Hal ini dilakukan untuk memastikan tiap jengkal tanah Negara Indonesia aman dari berbagai bentuk ancaman, khususnya ancaman pencaplokan wilayah kedaulatan. (Penkostrad)

HARUS BACA :  Saingi F-16 Viper Taiwan, China Upgrade J-10

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Kunjungan Tim Binmas TNI di Pengungsian Perang Suku – Militer.or.id

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here