Militer Vietnam Memiliki Sistem Roket Langka 4K51 Rubezh

Militer.or.id – Militer Vietnam Memiliki Sistem Roket Langka 4K51 Rubezh.

Sistem rudal jelajah anti kapal P-15M Angkatan Laut Vietnam © Bao Dat Viet

Militer.or.id – Brigade Rudal Pesisir ke-680 adalah salah satu unit pertahanan pantai utama Angkatan Laut Vietnam, yang ditugaskan untuk menggunakan kompleks rudal 4K51 Rubezh, seperti dilansir dari laman Bao Dat Viet.

Kompleks rudal 4K51 Rubezh terdiri atas kendaraan peluncur 3P51 sebagai modifikasi MAZ-543 yang digunakan sebagai tempat radar kendali tembak MR-331 dan peluncur KT-161 dengan 2 rudal jelajah P-15M Termit (SS-N-2 Styx).

HARUS BACA :  Militer Irak Buru ISIS yang Tersisa

P-15M Termit menggunakan sistem panduan radar aktif, yang memiliki jangkauan 80 km, kecepatan maksimum 0,95 mach dan hulu ledak semi-artikulasi seberat 513 kg.

Namun, selain rudal P-15M, kompleks Rubezh 4K51 Vietnam juga dilengkapi dengan rudal lainnya, yakni rudal P-15TM, ??menggunakan probe self-propelled infra merah.

Sistem rudal jelajah anti kapal selam P-15TM Angkatan Laut Vietnam © Bao Dat Viet

Pada musim panas tahun 1958, probe infra-merah “Kondor” diuji untuk memodernisasi rudal P-15. Probe Kondor memiliki jangkauan 10 km di siang hari, 5 km di malam hari dan sudut sapuan 2,5 derajat. Kemudian, versi Snegir yang lebih maju diproduksi agar sesuai dengan modernisasi P-15U.

HARUS BACA :  Strategi Pengembangan Alutsista TNI AU - Disertasi
HARUS BACA :  Militer Irak Buru ISIS yang Tersisa

Pada akhir 1960-an, versi terbaru P-15 muncul dengan sayap lipat yang memungkinkan ukuran peluncur lebih kecil. Rudal ini dibuat menjadi dua, yang di pandu radar P-15U aktif dan P-15T menggunakan detektor infra merah Snegir.

Mereka mengalami upgrade lain pada tahun 1970-an, roket P-15U/T digantikan oleh P-15M dan P-15TM, ??yang juga merupakan dua jenis rudal untuk sistem 4K51 Rubezh Vietnam.

HARUS BACA :  Ini Alasan, Mengapa Kapal Selam Rusia yang Terbaik

Peluncuran dari proyektil probe radar P-15M dan detektor radar aktif P-15TM tersebut menggunakan infra merah memungkinkan kemampuan untuk menyerang sasaran serta kebal terhadap kombo elektronik. Sistem rudal 4K51 Rubezh menjadi lebih beragam.

P-15TM dapat secara rahasia mencapai targetnya tanpa takut sistem peringatan radar musuh diluncurkan pada kapal perang untuk memberikan intersepsi, bahkan itu dapat digunakan sebagai serangan permukaan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Yonif Raider 515 Kostrad Bantu Kesehatan Masyarakat

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here