Brosur Militer Rusia Ungkap Tips Menakut-nakuti Warga Lokal Suriah

Brosur Militer Rusia Ungkap Tips Menakut-nakuti Warga Lokal Suriah

Militer.or.id – Militer Rusia baru-baru ini diketahui mengedarkan sejumlah brosur dan buku panduan bagi personilnya dalam menghadapi warga setempat saat melakukan operasi lapangan di Suriah. Brosur tersebut kini bocor ke publik.

Menurut brosur yang diterima oleh surat kabar Rusia, Novaya Gazeta, personil Rusia sudah diberitahu bahwa jika ada warga Suriah yang mencoba menganggu mereka, maka mereka tinggal menyebutkan kata “mukhabarat.”

“Jika seorang warga Suriah berperilaku tidak pantas, seperti contoh menipu, menghina, atau mencoba untuk mengganggu kalian, maka kalian harus mengatakan ‘mukhabarat’,” demikian tertulis salah satu brosur.

Istilah “Mukhabarat” dapat diartikan sebagai personil keamanan nasional, agen intelijen, ataupun polisi. “Jika mendengar kata tersebut, warga biasanya akan takut lalu pergi,” tulis koran tersebut.

Human Rights Watch yang berbasis di Inggris sempat mendokumentasikan pembunuhan dan penyiksaan massal yang terjadi di fasilitas militer lembaga keamanan nasional Suriah tersebut. Dalam laporan bulan Desember 2015 yang mereka rilis, LSM kemanusiaan tersebut menyebutkan bahwa sejak 2011, Mukhabarat telah bertanggungjawab atas penculikan, penyiksaan, pemerkosaan, dan pembunuhan ribuan warga termasuk anak-anak.

Pages: 1 2

author
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *