Bidik Rusia, Kanada Ingin Beli Pemburu Kapal Selam – Militer.or.id

Bidik Rusia, Kanada Ingin Beli Pemburu Kapal Selam – Militer.or.id

Militer.or.id – Bidik Rusia, Kanada Ingin Beli Pemburu Kapal Selam – Militer.or.id.

Sebuah render dari fregat Type 26 di jalur untuk memenangkan kompetisi fregat Kanada © Lockheed Martin via Defense News

Militer.or.id – Angkatan Laut Kerajaan Kanada sedang bergerak menuju desain fregat Tipe 26 Inggris, kapal multimission yang di rancang untuk melintas samudera luas secara diam-diam, memburu kapal selam dan mempertahankan diri terhadap rudal dan pesawat musuh, seperti dilansir dari laman Defense News.

Pemerintah Kanada pada pertengahan Oktober mengumumkan bahwa sebuah tim yang dipimpin oleh Lockheed Martin Canada telah terpilih sebagai “desainer pilihan”. Tim itu menawarkan fregat Tipe 26 buatan perusahaan pertahanan Inggris, BAE Systems.

Bagi sebagian orang, pemilihan desain Tipe 26 ini merupakan kejutan mengingat Inggris baru saja memulai pemotongan baja di musim panas yang lalu, dan seperti halnya fregat dan desain baru, ada potensi besar untuk pembengkakan biaya dan terjadi penundaan.

Tetapi bangsa Arctic memilih fregat yang dibangun dengan tujuan memburu kapal selam merupakan tanda bahwa ia bersedia menerima risiko-risiko itu karena ancaman strategis yang diajukan Rusia terhadap kepentingan Kanada di puncak dunia yang cepat mencair.

“Bagi Kanada, peperangan anti-kapal selam adalah masalah yang besar”, kata Bryan Clark, pensiunan perwira kapal selam AS dan analis dari Pusat Kajian Strategis dan Anggaran. “Jika Anda khawatir tentang ancaman kapal selam dan ancaman udara Rusia, maka ya, Tipe 26 masuk akal”.

Memang, menurut para eksekutif BAE mengatakan bagian terbesar dari Tipe 26 adalah elemen desain yang ramah dalam perang anti kapal selamnya.

“Itu adalah pembeda besar bagi kami”, kata Anne Healey, wakil presiden BAE Systems pada konferensi Euronaval. “Kami sangat tenang dan kami mungkin memiliki fregat tercanggih di dunia dan itu adalah elemen kunci dari apa yang membuat kami berbeda dan apa yang dihargai oleh Angkatan Laut Kanada”.

Fitur ASW juga merupakan faktor besar bagi Australia, yang terkunci dalam kebuntuan dengan China atas tindakannya di Laut China Selatan dan Timur, jalur laut penting bagi negara Pasifik.

Risiko

Clark, analis CSBA, mengatakan bahwa pemilihan fregat Tipe 26 ini oleh Kanada dalam beberapa hal cukup mengejutkan, karena potensi pembengkakan biaya yang mengikuti.

“Ini bukanlah kapal yang telah terbukti, dan Anda mengambil sebuah kapal yang belum dibangun dan menjadikannya basis program fregat Anda”, kata Clark. “Ini sedikit mengejutkan, terutama untuk negara yang kemungkinan kekurangan sumber daya dan pendanaan untuk biaya potensial dan jadwal yang molor”.

Tapi BAE berpikir Kanada akan berada dalam kondisi yang baik karena program Inggris dan Australia juga sedang berlangsung, yang berarti Kanada harus dapat menghindari kesalahan-kesalahan awal melalui pembelajaran bersama. Selain dari itu, tidak banyak perubahan desain yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan Kanada.

“Jumlah perubahan desain yang kami lakukan hanya 10 persen, jadi itu akan mewakili risiko yang sangat rendah dalam hal perubahan yang dibuat”, kata Healey.

Sebagai perbandingan, Angkatan Laut AS harus mengubah sekitar 40 persen dari desain armada DDG IIA untuk menggabungkan radar SPY-6 terbaru pada DDG III.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *