J-10B, Tandem Mematikan Su-35 China

Pesawat tempur J-10B China, bawa rudal  PL-10 dan PL-12 air-to-air. (Alert5 via commons.wikimedia.org)

Militer.or.id – Pesawat tempur ringan J-10B Angkatan Udara China melakukan manuver udara yang menakjubkan di gelaran Acara Zhuhai Airshow 2018. Yang paling menarik untuk dicermnati adalah, meski menggunakan satu mesin, J-10B mampu melakukan manuver ‘Patukan Kobra” yang biasanya lazim dilakukan pesawat tempur berat bermesin dua seperti Su-27 ataupun Su-35.

HARUS BACA :  KRI Pari-849 Ajak Masyarakat Berlayar ke Tanjung Benoa

Konon J-10B menggunakan mesin tunggal dengan kemampuan TVC (Thrust Vectoring Control) WS-10B3, Sebuah knalpot mesin fleksibel yang membuat pesawat mampu bermanuver lincah meskipun tanpa menggunakan pergerakan sirip pesawat ataupun sirip ekor.

Selama ini J-10B sering melakukan penerbangan patroli ke perbatasanya di Laut China Selatan dan  Jepang, dan juga dengan hampir selesainya pengiriman Su-35 China oleh Rusia, sangat mungkin China akan mengkombinasikan patroli udara J-10B dengan Su-35 terbarunya.

HARUS BACA :  Netanyahu: Israel Tidak Akan Biarkan Iran Jejakkan Militernya di Suriah
HARUS BACA :  Siluman J-20 VS Su-57 Mematikan, Siapa Yang Unggul?

Kini dengan J-10B dan Su-35 yang sama-sama menggunakan mesin dengan daya dorong TVC, menjadikan keduanya merupakan tandem udara mematikan yang harus diwaspadai negara-negara seterunya.

Penulis:  Muhidin

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Operasi SAR 4 Korban KM Hema di Selat Singapura

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Publikasi Akan Jadi Bukti Sejarah Perjalanan Indonesia