Kalibr Vs Tomahawk, Mari Bandingkan

Rudal Kalibr

Sejak awal 1990-an, Amerika Serikat telah mengandalkan  rudal jelajah Tomahawk yang diluncurkan dari kapal perang dan kapal selam mereka. Rudal dengan kemampuan terbang 550 mil perjam ini telah terlibat dalam perang  di Timur Tengah, Afrika Utara, bekas Yugoslavia dan Afghanistan.

Tomahawk bisa menyerang target pada jarak lebih dari seribu mil jauhnya, membuat mereka begitu populer. Namun, kini Tomhawk memiliki pesaing kuat yang dilahirkan Rusia, yakni Rudal Kalibr.

Rudal Tomahawk Amerika

Rudal sepanjang sembilan meter ini juga telah terjun ke medan perang. Pada tanggal 7 Oktober 2015, Frigat Kelas Gepard Rusia, Dagestan dan tiga korvet kecil kelas Buyan yang berlayar di Laut Kaspia melepaskan serangan degan 26 rudal jelajah Kalibr  dari Vertical Launch System mereka. Melesat  900 mil di atas wilayah Iran dan Irak sebelum menghantam  target di Suriah.

HARUS BACA :  F-15 Vs Su-30 di India dan Kontroversi Pertempuran 2014

Pada bulan November 2015 masih dilakukan kelompok tugas Dagestan dengan melesatkan salvo 18 rudal Kalibr. Selanjutnya pada  9 Desember 2015 kapal selam Kelas Improved Kilo Rostov-na-Donu juga meluncurkan salvo  rudal Kalibr ke sasaran di Suriah, menandai debut tempur modern  kekuatan kapal selam Rusia. Pada 2016, frigat Rusia di Mediterania menghantam Aleppo dan Idlib dengan setidaknya tiga rudal jelajah ini. Sejak itu Kalibr secara permanen ditempatkan di Mediterania.

HARUS BACA :  JF-17 Thunder Vs Tejas, Mari Bandingkan
HARUS BACA :  Amerika Berharap Rusia Izinkan Israel Menyerang Suriah

Senjata ini menjadi teror laut yang dibawa kapal kecil, kapal raksasa hingga kapal selam.  Angkatan Laut Rusia berencana mendapat 10 korvet rudal kelas Buyan-M yang dipersenjatai dengan  Kalibr hingga akhir 2019 nanti.

Lantas bagaimana perbandingan dua rudal tersebut? Berikut datanya

Perbandingan spesifikasi peluru kendali berbasis kapal Caliber-NK dan Tomahawk:

Spesifikasi

3M-14

Caliber-NK

Tomahawk TLAM-E Block IV
Mulai beroperasi 2012 2002
Panjang (termasuk peluncur), m 8.1 6.25
Diameter tubuh, mm 533 533
Ukuran sayap, m 3.3 2.67
Berat dalam penerbangan (inisial), kg 1320 1315
Ukuran hulu ledak, kg 450 450
Hulu ledak nuklir, kT 100-200
Kecepatan terbang, Mach 0.7 0.7
Jangkauan dengan hulu ledak (konvensional), km Lebih dari 1500 1600
Jangkauan dengan hulu ledak (nuklir), km 2600
HARUS BACA :  Pembelian S-400 Tak Mungkin Dibatalkan, Tapi Kami Butuh Banyak Senjata Amerika

Sumber: navy-korabel.livejournal.com

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Kapal Selam Amerika Kehilangan Waktu Operasi Hingga 5 Tahun

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here