Leonardo Incar Proyek Upgrade IFF Jet Tempur Korea Selatan

Leonardo Incar Proyek Upgrade IFF Jet Tempur Korea Selatan

Armada jet tempur F-15K Angkatan Udara Korea Selatan © Kemhan Korsel via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Leonardo kini telah bekerja sama dengan LIG Nex1 yang berbasis di Korea Selatan (SK) untuk melakukan penawaran bersama dalam melaksanakan upgrade IFF (Identification Friend or Foe) menjadu standar “Mode 5” terbaru pada pesawat yang dioperasikan oleh Angkatan Udara Korea Selatan (RoKAF).

Seperti dilansir dari laman Defense World, IFF itu adalah sebagai pusat operasi militer karena memungkinkan angkatan bersenjata untuk mengenali teman-teman dan sekaligus mengidentifikasi musuh potensial. Peralatan ini berfungsi sebagai versi digital canggih dari sistem kata sandi “tantangan dan respons”, itu mengirimkan sinyal tantangan dan memeriksanya melalui kata sandi yang benar.

Peralatan IFF standar Mode 5 baru telah menggunakan teknik kriptografi tingkat lanjut untuk mengamankan sistem IFF dari upaya musuh untuk menipu atau mengacaknya.

Jet tempur F-15K Angkatan Udara Korea Selatan (RoKAF) © Kemhan Korsel via Wikimedia Commons

Leonardo juga telah bekerja pada program upgrade IFF tingkat tinggi di Inggris sebagai kontraktor utama untuk meningkatkan teknologi IFF pada lebih dari 350 unit pesawat yang dioperasikan militer Inggris, kapal angkatan laut serta sistem pertahanan udara berbasis darat menjadi IFF standar Mode 5.

Di Republik Korea Selatan, Leonardo akan memanfaatkan pengalaman tersebut untuk mengurangi risiko pada program peningkatan dan juga merencanakan untuk melokalisasi produksi bagian-bagian penting peralatan yang ada di Korea Selatan.

Membentuk tim adalah trik baru dalam pendekatan Leonardo yang sedang berlangsung untuk produksi lokal di Korea Selatan. Pada tahun 2017, Leonardo pun menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan kontraktor pertahanan terkemuka Korea Selatan untuk bersama-sama menyediakan avionik beserta sistem misi, awalnya dalam kaitan dengan sistem penargetan, untuk Republik Korea dan juga internasional.

Sebelum ini, Leonardo melaksanakan program transfer teknologi pada Electronic Warfare Operational Support (EWOS) untuk Angkatan Laut, Angkatan Udara Korea Selatan dan Badan Pengembangan Pertahanan (ADD), memastikan bahwa angkatan bersenjata Korea Selatan siap untuk era pertempuran yang dikendalikan secara elektronika.

Helikopter AW159 buatan Leonardo juga dalam layanan operasional dengan RoK Navy. Helikopter AW159 RoKN dilengkapi dengan radar AESA buatan Leonardo dan termasuk Helicopter Integrated Defensive Aids Suite (HIDAS) yang terintegrasi dengan helikopter Wildcat AW159 Royal Navy Inggris.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *