Home HEAD LINE T-90SM, Puncak Evolusi Tank Soviet

T-90SM, Puncak Evolusi Tank Soviet

0
T-90SM, Puncak Evolusi Tank Soviet
T-90

Sekitar tahun 2011, produksi T-90A untuk Angkatan Darat Rusia berakhir dan T-90 dalam jumlah besar telah diekspor ke sejumlah negara, beberapa negara memilih untuk produksi dalam negeri.

Biro Desain Uralvagon, yang setelah jatuhnya Uni Soviet merupakan  ujung tombak dari biro desain tank kemudian mengembangkan varian baru yang akan untuk Rusia dan internasional yang didasarkan pada T-90.

Tank ini akan menjadi varian terbaik dari T-90 yang pernah dirancang, dengan beberapa modifikasi besar, termasuk desain ulang lambung, menara dll. Tank ini akan lebih berat tetapi akan lebih gesit dan mampu.

Secara umum tank baru ini dikenal dengan sebutan T-90MS. Beberapa juga menyebut varian yang ditawarkan kepada Angkatan Darat Rusia ditunjuk sebagai T-90AM untuk menggambarkan bahwa tank ini masih turunan dari T-90A.

HARUS BACA :  PH to Get 30 Attack, Utility Copters this Year

Sementara untuk pelanggan ekspor akan menjadi varian T-90SM  yang merupakan pengembangan dari T-90S. Yang sering terjadi T-90MS dan T-90SM telah bergantian digunakan secara bergantian.

Bagaimana kemampuan tank baru ini? Mari kita lihat.

T-90MS di RAE 2013
T-90MS di RAE 2013

DESAIN

Desain T-90MS adalah perbaikan radikal dari pendahulunya, yaitu T-90A.  Tank ini memiliki lambung yang didesain ulang yang mungkin berasal dari Obyek 187 daripada menggunakan lambung warisan T-72B, karena memiliki bagian datar di belakang dan tepi frontal melengkung.

Fitur ini hanya terlihat pada Object 187 testbeds. Tidak memilih desain T-90A bisa jadi karena alasan biaya.

Sisi lambung kini ditutupi dengan ERA Relikt baru, bukan seperti varian T-90A yang  menggunakan Kontakt 5 yang lebih tipis. Ini sangat meningkatkan perlindungan lambung. Bagian belakang lambung ditutup dengan baju besi slat, untuk melindungi dari tembakan RPG.

HARUS BACA :  Kapal Selam Rusia Bergerak, Menuju Selat Kerch?

Tank ini juga dirancang ulang untuk bisa menjadi rumah bagi  mesin baru guna menebus peningkatan beratnya.

 

 Modifikasi bagian depat jelas terlihat di gambar ini.
Modifikasi bagian depat jelas terlihat di gambar ini.

Menara juga memiliki fitur ERA Relikt dalam tata letak baru yang berasal dari Objek 187. Welded turret dianggap cukup baik untuk melawan tembakan anti tank, tapi penambahan Relikt telah lebih ditingkatkan perlindungan tank.

Di bagian sisi juga dilapisi dengan lapis baja, yang mengambil pelajaran dari T-72 yang kerap mengalami masalah dalam pertempuran.

Di bagian menara belakang memiliki slat armor dan ruang untuk menyimpan amunisi untuk meriam utama. Bagian atas terdiri dari blow up hatches yang dirancang untuk aman dari tekanan.

Hal ini mengurangi kemungkinan bencana ketika terjadi kegagalan menembak, masalah dari kualitas semua tank asal Soviet era perang dingin karena. Banyak amunisi masih disimpan di carousel yang akan digunakan oleh autoloader. Sekali lagi pelajaran tempur memainkan peran dalam desain dari bagian ini.

HARUS BACA :  Pentagon Sangkal Moskow tentang Militer di Mediterania

Secara umum desain lebih halus, bergeser dari watak asli tank desain Rusia dan Soviet yang kerap terlihat gahar dan kasar.

Tank juga lebih tinggi dan lebih berat dari pendahulunya. Ini juga  merupakan pergeseran dari ideologi tank yang lebih kecil, yang menyajikan siluet yang lebih kecil.

Ini merupakan langkah tepat menuju tank yang lebih besar Armata MBT, yang jauh lebih besar dari tank Rusia yang ada.

NEXT: SENSOR DAN PERSENJATAAN

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here