Benarkah Masuknya Su-27SM3 Membuat AS dan NATO Gugup?

Su-27SM3 (foto : Wikipedia)

Sebuah formasi udara campuran dari Angkatan Udara ke- 4 dan Air Defense Forces dari Southern Military District di wilayah Krasnodar telah menerima beberapa pesawat tempur Su-27SM3 yang ditingkatkan, rilis layanan pers Southern Military District.

Jumlah pasti dari Su-27SM3 baru yang ditempatkan di Southern Military District Rusia tidak diungkapkan, tetapi diketahui Su-27SM3 akan beroperasi dalam Unit Komposit Angkatan Udara ke-4 Rusia, yang bermarkas di Daerah Krasnodar.

Su-27SM3 sebelumnya telah melakukan penerbangan dari pabrik pesawat di Komsomolsk-on-Amur dengan rute sekitar 10.000 km. Selama penerbangan Su-27SM3 mengisi bahan bakarnya di bandara di daerah Novosibirsk dan Chelyabinsk, tulis airrecognition.

HARUS BACA :  Reaksi Dunia Terhadap Serangan Udara Suriah

Su-27SM3 adalah jajaran jet tempur canggih yang sangat kuat, didukung oleh mesin jet AL-31F-M1 baru yang diproduksi oleh Salyut. Mesin jenis ini memiliki daya dorong, kehandalan tinggi, dan masa pakai yang lama.

Setelah upgrade pesawat tempur Su-27SM3 akan dilengkapi dengan rudal udara-ke-udara jarak jauh seperti R-77 dan RVV-SD.

Selain dilengkapi rudal anti pesawat terbaru, Su-27SM3 juga dilengkapi radar RPLK-27P tipe-M, yang mampu mengendus keberadaan pesawat musuh didepan yang memiliki RCS 3m2 pada jarak 110 km, jarak 30–40 km disisi samping pesawat.

HARUS BACA :  Latihan Yonif Raider 321 Bebaskan Tawanan di Pertamina Balongan
HARUS BACA :  Kontak Tembak Pasukan Mesir-Pemberontak, 10 Tewas

Su-27SM3 dapat melacak 10 target udara dan mengeksekusi 2 target udara dengan rudalnya secara bersamaan.

Untuk target darat, Su-27SM3 dapat mengidentifikasi target di darat pada jarak 100 km, untuk target kapal perang besar Su-27SM3 dapat memindainya pada jarak 350 km, sedangkan target kapal kecil pada jarak 120 km.

Pengamat militer Rusia menyatakan, pesawat tempur Su-27SM3 dinilai mendekati kemampuan dari Su-35, dan dengan Su-27SM3 yang terus masuk memperkuat Angkatan Udara Rusia, maka itu akan membuat Amerika Serikat dan sekutu NATO-nya gugup

HARUS BACA :  KRI Teuku Umar-385 Gagalkan Penyelundupan di Natuna – Militer.or.id

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Reaksi Dunia Terhadap Serangan Udara Suriah

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Latihan Survival Sekbang Terpadu A-97 dan Seknav A-13