“Swimmer”, Proyektil 30 mm Masa Depan US Navy

“Swimmer”, Proyektil 30 mm Masa Depan US Navy

Swimmer adalah amunisi superkavitasi kaliber 30 mm yang dikembangkan Nammo dan US Navy © Nammo

Militer.or.id – Saat amunisi tradisional dapat dihentikan atau dibelokkan ketika menghantam air, Swimmer 30 mm (APFSDS-T MK 258 Mod 1) buatan Nammo mampu berenang langsung didalam air, berkat desain inovatif pada proyektil superkavitasi yang dikembangkan bersama dengan Angkatan Laut AS, seperti dilansir dari laman Nammo.

Dalam artikel ini, pertama kali diterbitkan pada 2018 Nammo BulletIN, insinyur desain Jan Hasslid membahas implikasi dari teknologi baru ini.

Menurut insinyur desain di Nammo, 25 tahun yang lalu, Norwegia erupakan salah satu negara Eropa pertama yang memperoleh kendaraan tempur infanteri dengan senapan CV9030N berukuran 30×173 mm.

Pada saat yang sama, perusahaan Raufoss Technology AS, sekarang bagian dari Nammo, telah menegosiasikan kontrak dengan Angkatan Darat Norwegia untuk mengembangkan bersama amunisi 30 mm generasi baru.

Kendaraan Tempur Infanteri (IFV) Stryker Dragoon akan dilengkapi amunisi Swimmer © US Army

Saat ini, senapan kaliber 30 mm lebih menonjol dari sebelumnya, pengalaman yang akan diperoleh melalui pekerjaan awal ini telah memungkinkan Nammo, melalui Perjanjian Aliansi Strategis (SAA) dengan General Dynamics Ordnance and Tactical Systems (GD-OTS), untuk menjadi salah satu penyedia utama amunisi 30 mm untuk militer AS.

Mengikuti perjanjian yang baru-baru ini diteken dengan Angkatan Darat dan Angkatan Laut AS, kedua layanan tersebut sekarang mengadopsi APFSDS-T 30 mm MK 258 Mod 1 buatan Nammo, yang disebut dengan “Swimmer” alias “Perenang”, untuk digunakan di berbagai platform, termasuk varian Stryker US Army yang dikenal sebagai “Dragoon”.

Amunisi yang digunakan oleh kendaraan, umumnya dibagi menjadi tiga kategori:

  • Armor Piercing (APFSDS), untuk digunakan melawan kendaraan lain
  • High Explosive Incendiary (HEI), untuk digunakan melawan target pesawat terbang yang lebih ringan
  • Target Practice (TP), untuk digunakan latihan menembak sasaran

Nammo saat ini menawarkan hingga sepuluh jenis amunisi 30×173 mm berbeda di ketiga kategori, mulai dari plastik kosong dan amunisi anti-lapis baja untuk amunsii serbaguna dan eksplosif, serta penetrator menggunakan energi kinetik.

Amunisi Swimmer masuk dalam kategori penetrator energi kinetik sub-kaliber. Ini dapat dengan mudah digambarkan sebagai “anak panah” yang terbuat dari bahan yang sangat berat yang menggunakan kekuatan benturan daripada bahan peledak untuk melubangi perisai lapis baja.

Meluncur dengan kecepatan lebih dari 1 km/detik, energi yang dihasilkan oleh benturan dapat melelehkan lapis baja kendaraan menjadi cairan dan panah “berenang” melalui sisi kendaraan lapis baja. Dalam kasus Swimmer, kekuatan panah cukup untuk mengalahkan apa pun selain tank tempur utama.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *