Airbus – LM Bekerja Sama Bangun Pesawat Tanker untuk AU AS

Airbus A330 MRTT (airbus) E
Airbus A330 MRTT (airbus)

Airbus dan Lockheed Martin (LM) akan bekerja sama membuat pesawat tanker pengisian bahan bakar di udara untuk Angkatan Udara (AU) AS. Adapun AU AS ingin mengganti 400 armada tanker untuk mengisi bahan bakar pesawat tempur, yang digunakan dalam melakukan misi.

Dilansir dari laman Republika (5/ 12), Airbus dan LM akan menggarap pesanan untuk Multi-Role Tanker Transport (MRTT) berbasis A330. Chief Executive Lockheed, Marillyn Hewson optimistis dapat menyediakan tanker yang dibutuhkan oleh Angkatan Udara AS.

HARUS BACA :  Indonesia Berencana Beli Hercules Amerika Serikat

“Kami memiliki posisi yang baik untuk dapat menyediakan solusi pengisian bahan bakar, yang diperlukan oleh AU AS dalam memenuhi tantangan keamanan di abad 21,” ujar Hewson dilansir dari laman Reuters (5/12).

Airbus yang sebelumnya bekerja sama dengan Northrop Grumman Corp, memenangkan kontrak sebesar 35 miliar dolar AS pada 2008 untuk membangun tanker MRTT bagi AU AS. Namun, kesepakatan itu dibatalkan akibat tekanan politik.

HARUS BACA :  Satgas Yonif R 515 Kostrad Karya Bhakti Pasang Pondasi Masjid
HARUS BACA :  Peresmian 23 Armada Alutsista untuk Korps Polairud

Airbus dinilai memiliki pengalaman membuat MRTT yang telah dipilih oleh 12 negara, diantaranya Inggris, Australia, dan Korea Selatan. Bahkan, MRTT buatan Airbus juga mampu mengisi bahan bakar sebagian besar jet tempur AS termasuk F-35.

Sementara LM membuat pesawat transport F-35 dan C-130J yang juga dapat digunakan sebagai tanker. Oleh karena itu, Airbus dan Lockheed dipercaya dapat menjadi mitra yang kuat untuk mengembangkan tanker bagi AU AS.

HARUS BACA :  Prancis Pasang VLS Sylver A50 Pada Dua FREMM Terakhir

Di sisi lain, kesepakatan ini menandai gebrakan besar Airbus untuk masuk ke pasar militer. Sebelumnya, pada 2012 Airbus sempat mengalami kegagalan untuk bekerja sama dengan BAE System Inggris.

Editor: ()

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Negara Terkecil di Eropa dengan F-16 Tercanggih di Dunia

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Indonesia Berencana Beli Hercules Amerika Serikat