Berikut Beberapa Hal Yang Bisa Diketahui dari Uji Kendaraan Hipersonik Avangard

Berikut Beberapa Hal Yang Bisa Diketahui dari Uji Kendaraan Hipersonik Avangard

Rusia merilis beberapa video dari tes Avangard hypersonic boost-glide vehicle berkemampuan nuklirnya yang menawarkan gambar terbaik dari sistem senjata tersebut. Kremlin mengatakan kombinasi kendaraan dan roket pendorong ini sekarang dalam seri produksi dan Rusia berencana untuk mendapatkan senjata pertama secara operasional pada tahun 2019.

Pasukan Rusia melakukan uji coba dari sebuah silo di Pangkalan Udara Dombarovsky dekat perbatasan negara itu dengan Kazakhstan pada 26 Desember 2018. Kendaraan Avangard  dikatakan berhasil menghantam area target yang ditentukan pada wilayah Kura, Kamchatka  yang secara teratur digunakan Kremlin sebagai tempat pembuktian senjata strategis, termasuk rudal balistik antarbenua (ICBM) mereka.

“Ini adalah kesuksesan besar dan kemenangan besar. Ini adalah hadiah tahun baru yang luar biasa bagi negara, ”kata Presiden Rusia Vladimir Putin pada pertemuan setelah pengujian.

“Itu adalah pekerjaan yang sulit dan memakan waktu serta membutuhkan solusi terobosan di banyak bidang dan semua ini dilakukan oleh para ilmuwan, perancang, dan insinyur kami.”

Dua video peluncuran Avangard, diambil dari sudut yang berbeda, menunjukkan pintu silo terbuka dan roket terangkat. Masih belum terlihat gambar yang tersedia untuk publik tentang kendaraan hipersonik itu sendiri.

Klip baru mengkonfirmasi bahwa sistem senjata menggunakan penguat roket yang diperbaharui dari UR-ICBM 100N UTTKh Soviet. Pada bulan Maret 2018, Rusia mengumumkan akan menempatkan ICBM RS-26 Rubezh yang masih dalam pengembangan, yang semula diharapkan akan membawa Avangard. Namun pembangunan ini ditunda tanpa batas waktu untuk memfokuskan sumber daya dalam pengembangan senjata hipersonik.

Pasukan Roket Strategis Rusia sebagaimana ditulis The Drive dan dikutip   hanya memiliki beberapa rudal UT-100N UTTKh yang masih beroperasi, tetapi juga memperoleh sejumlah booster yang dinonaktifkan dari Ukraina pada awal 2000-an. Ukraina telah mewarisi senjata-senjata ini setelah jatuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, tetapi kemudian menonaktifkan silo dan rudal mereka.

Roket pembawa UT-100N UTTKh yang dimodifikasi untuk Avangard tampaknya juga menggunakan selubung muatan serupa dengan SHS-2 yang digunakan pada kendaraan peluncuran ruang angkasa Strela. Strela menggunakan penguat roket yang dimodifikasi dari ICBM UR-100NU.

Kendaraan peluncuran luar angkasa Strela, yang menggabungkan booster roket yang dimodifikasi dari UR-100NU ICBM dan selubung muatan SHS-2.

Selubung yang lebih panjang kemungkinan mencerminkan panjang keseluruhan Avangard. Tidak diragukan lagi lebih panjang  daripada UR-100N UTTKh, yang membawa enam multiple independently targetable reentry vehicle (MIRV).

Editor pertahanan Aviation Week Stephen Trimble telah melihat detail sebuah laporan tentang tes Avangard dari jaringan televisi Channel One yang dikelola pemerintah Rusia. Render yang dihasilkan komputer yang sebelumnya tidak terlihat menunjukkan sistem senjata lengkap meluncurkan total tiga kendaraan hipersonik boost-glide, yang kemudian akan dapat menyerang target secara independen.

Gambar yang dihasilkan komputer menunjukkan beberapa kendaraan hipersonik terpisah dari bagian atas sistem senjata Avangard.

Dari berbagai senjata strategis baru yang disoroti Putin dalam pidato bulan Maret 2018, Avangard tampaknya, sejauh ini, merupakan yang paling matang.

RS-28 Sarmat, ICBM berat baru yang juga dikenal sebagai SS-X-30 Setan 2, baru-baru ini mengalami kemunduran baru. Torpedo nuklir Poseidon dan rudal jelajah bertenaga nuklir Burevestnik dan diluncurkan dariu darat, keduanya juga masih membutuhkan banyak pengembangan.

Pada 25 Desember 2018, sumber industri pertahanan Rusia sebagaimana dikutip TASS mengatakan uji coba bawah air Poseidon baru saja mulai menggunakan kapal selam tuan nuklir yang tidak disebutkan namanya. Kremlin mengatakan mereka juga telah menguji coba penerbangan Burevestnik, tetapi masih belum jelas apakah senjata uji memiliki sistem tenaga nuklir yang berfungsi.

Meletakkan Avangard ke dalam layanan di atas UR-100 juga merupakan keputusan yang hemat biaya, baik dalam hal produksi dan keberlanjutan, dengan basis pengetahuan yang ada dan jaringan logistik untuk mendukung roket pendorong.

Ini penting karena masalah ekonomi Rusia yang berkontribusi pada penundaan program RS-26 dan pembatalan program ICBM berbasis kereta Barguzin.

Untuk diketahui Militer.or.id adalah blog maling yang suka mencuri tulisan dari berbagai web. Blog maling ini juga memanipulasi waktu uplode sehingga seolah mereka lebih dulu mengunggah tulisan yang mereka curi.

Menggunakan penguat roket yang ada memberi Kremlin  kesempatan terbaik untuk mendapatkan Avangard dalam waktu dekat. Rusia akan bebas untuk mem-boot ulang program RS-26 di masa depan ketika dana yang cukup tersedia.

Apapun, memiliki unit yang dilengkapi dengan sistem Avangard berbasis UR-100N  akan mengubah kalkulus strategis lawan potensial, terutama Amerika Serikat. Para pejabat militer Amerika telah membunyikan alarm sepanjang tahun tentang meningkatnya ancaman senjata hipersonik dari Rusia dan China.

 

 

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *