Kerjasama Pembangunan Tank Medium Turki – Indonesia

Kerjasama Pembangunan Tank Medium Turki – Indonesia

Militer.or.id – Kerjasama Pembangunan Tank Medium Turki – Indonesia.

Kolaborasi antara Turki dan Indonesia di industri pertahanan dan militer meningkat karena kedua negara terlibat dalam produksi bersama tank, pesawat tak berawak, kapal selam, senjata dan sistem radar.

Sumber diplomatik tingkat tinggi di Ankara mengatakan kepada Daily Sabah (18/ 08) bahwa Ankara dan Jakarta baru-baru ini mengintensifkan upaya untuk bersama-sama mengembangkan mekanisme industri pertahanan dan berbagi pengalaman militer.

Tank Medium

Dalam hal ini, sebuah prototipe Tank Turki – Indonesia telah diciptakan dan direncanakan ikut serta dalam sebuah pawai militer resmi di Jakarta pada bulan Oktober. Sumber tidak mengatakan jumlah Tank yang akan diproduksi, namun permintaan akan menjadi faktor penentu.

Pakar industri pertahanan mengatakan, Tank tersebut akan memiliki berat sekitar 35 ton, dan akan memiliki mesin dengan kekuatan 700 tenaga kuda. Akan ada dua tank pada produksi pertama, satu untuk Turki dan satu lagi untuk Indonesia.

Biaya pengembangan Tank Medium diperkirakan mencapai $ 11,5 juta. FNSS, anak usaha Nurol Holding, yang beroperasi di industri ini, melihat potensi produksi hingga 40 tank, sementara jumlah tersebut bisa mencapai 200 jika Indonesia puas.

Tank Medium KAPLAN MT diharapkan dapat memberikan kontribusi yang kuat karena daya tembak dan pilihan amunisinya yang banyak serta ketangkasannya yang superior. Kubah CMI Cockerill 3105, dilengkapi dengan meriam high-pressured 105 mm, merupakan senjata utama Tank Medium ini.

Photo : Tank Medium Kaplan MT (donanimhaber)

Editor : (D.E.S)

author
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *