Warga Temukan Pesawat Tanpa Awak di Pantai Rancabuaya

Warga Temukan Pesawat Tanpa Awak di Pantai Rancabuaya

Militer.or.id – Warga Temukan Pesawat Tanpa Awak di Pantai Rancabuaya.

Drone sasaran tembak TNI AU di Pelabuhan Pendaratan Ikan Bontobahari. (Handover)
Photo Ilustrasi : Drone sasaran tembak TNI AU di Pelabuhan Pendaratan Ikan Bontobahari. (Handover)

Sebuah pesawat tanpa awak ditemukan warga di bibir Pantai Rancabuaya Desa Purbayani Kecamatan Caringin Minggu (20/08/2017) pagi dalam kondisi rusak.

Kepala Satuan Polisi Air dan Udara Polres Garut, AKP Tri Andri mengungkapkan, bangkai pesawat tanpa awak berwarna oranye tersebut langsung dilaporkan ke aparat kepolisian dan TNI setempat.

“Ditemukan sudah tidak utuh, bagian depan rusak, yang terlihat (utuh) hanya bagian belakangnya saja dan bagian dalamnya. Jadi belum bisa dipastikan drone atau pesawat intai,” jelasnya saat dihubungi wartawan, Minggu (20/08/2017).

Menurut Andri, pesawat dengan panjang kurang lebih 3 meter itu telah dibawa di Mapolsek Caringin untuk diperiksa lebih lanjut oleh tim dari Kementerian Pertahanan.

Beberapa hari sebelumnya, Kementerian Pertahanan sempat melakukan uji coba peluncuran roket di sekitar pantai selatan Garut.

“Uji cobanya, salah satu pesawat yang ditembak itu kena, bangkai pesawatnya tapi tidak ditemukan saat uji coba,” kata Andri.

Sayangnya, saat ini menurut Andri tim dari Kementerian Pertahanan telah kembali ke Jakarta. Ia belum bisa memastikan apakah pesawat yang ditemukan ini merupakan pesawat yang jatuh saat uji coba oleh Kemenhan.

Jika Kementerian Pertahanan menyatakan bukan pesawat milik mereka, maka pesawat tersebut akan diserahkan ke yang berwenang untuk diperiksa lebih lanjut.

Sumber : Kompas

author
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *