Dua KRI dan Satu Heli Bantu Cari Awak Kapal Perang Amerika yang Tabrakan di Selat Malaka

Militer.or.id – Dua KRI dan Satu Heli Bantu Cari Awak Kapal Perang Amerika yang Tabrakan di Selat Malaka.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan pihak Indonesia, melalui dua Kapal Perang Indonesia (KRI) ikut membantu pencarian awak kapal perang (perusak) Amerika Serikat (USS John S McCain) yang mengalami kecelakaan di dekat perairan Indonesia.

Dua kapal yang ikut melakukan pencarian korban kecelakaan tersebut yait KRI Cucut dan KRI Pari.

HARUS BACA :  Penataran Astros di Batalyon Armed 1 Kostrad

“Kami telah menghubungi Pak KSAL untuk menanyakan bantuan kita karena pencarian masih terus dilakukan,” ujar Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/8/2017).

Tidak hanya KRI saja yang diturunkan, tetapi juga ada helikopter yang diterbangkan untuk memudahkan pencarian serta memantau adakah indikasi kebocoran minyak di sekitar lokasi kecelakaan.

Sejauh ini, kata Retno, belum ditemukan adanya limbah minyak di sekitar kecelakaan, yaitu di perairan yang masuk wilayah Singapura.

HARUS BACA :  Safran and Thai Aviation Industries to Support Royal Thai Armed Forces Helicopter Engines

“Sejauh ini diconfirm bahwa tidak ada tumpahan minyak di perairan tersebut. Saat ini fokus mencari korban yang hilang dan Indonesia telah bergabung,” tutur Retno.

HARUS BACA :  India-Rusia Sepakat Bangun 4 Frigate Project 11356

Diketahui, insiden tabrakan antara kapal perang AS dan kapal tanker, Senin (21/8/2017), telah dikabarkan tak menimbulkan tumpahan minyak di sekitar perairan Singapura.

Kapal perusak USS John S McCain milik Angkatan Laut AS bertabrakan dengan kapal dagang Alnic MC di dekat Selat Malaka sekitar pukul 04.24 WIB.

HARUS BACA :  Jepang Pilih Sistem Pertahanan Aegis Ashore Lockheed Martin

Akibat insiden tersebut, 10 pelaut prajurit Angkatan Laut AS dinyatakan hilang dan lima orang lainnya mengalami cedera.

Seorang awak kapal Alnic MC yang tak ingin disebutkan namanya mengatakan bahwa kapal tanker yang bertabrakan itu tengah membawa nyaris 12 ribu ton bahan bakar minyak (BBM).

Photo : Kerusakan lambung kapal perang USS John S McCain yang mengalami kecelakaan di dekat perairan Indonesia. (ABC News)

Sumber : Tribunnews

Roy Prasetya
Roy Prasetyahttps://militer.or.id
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Sistem S-400 Meminimalkan Ketergantungan Eksternal Turki

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Yonif Raider 509 Kostrad Latih Menwa Bela Diri Yongmoodo