Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Sea Ceptor Diluncurkan untuk Pertama Kalinya

Militer.or.id – Sea Ceptor Diluncurkan untuk Pertama Kalinya.

Rudal udara terbaru Angkatan Laut Inggris yang bisa menembak jatuh musuh dengan tiga kali kecepatan suara diluncurkan untuk pertama kalinya.

Rekaman yang telah dirilis menunjukkan rudal Sea Ceptor ditembakan dari HMS Argyll, frigate Tipe 23, di lepas pantai Skotlandia.

 

 

Sea Ceptor dapat mencegat dan menghancurkan rudal musuh yang melaju dengan kecepatan supersonik dan akan menjadi bagian dari perlindungan bagi kapal induk baru.

Sistem ini menggunakan rudal yang mampu mencapai kecepatan hingga Mach 3 (tiga kali kecepatan suara).

 

Rudal ini dapat menghadapi beberapa target pada saat yang bersamaan, melindungi area seluas sekitar 500 mil persegi di atas daratan atau laut.

Harriett Baldwin, menteri bidang pengadaan pertahanan, mengumumkan penembakan berhasil dilakukan saat berkunjung ke perusahaan pertahanan MBDA di Filton, Bristol.

 

Sea Ceptor (DoD UK) 1

‘Sea Ceptor akan melindungi kepentingan kita dari ancaman yang diketahui dan tidak diketahui,’ katanya.

“Ini akan diluncurkan dari frigate Tipe 26 Angkatan Laut yang baru untuk menjaga kapal selam nuklir kita dan dua kapal induk baru Inggris agar aman beroperasi di seluruh dunia.

‘Sea Ceptor menyediakan 600 pekerjaan di Inggris dan merupakan contoh lain bagaimana anggaran pertahanan ditingkatkan untuk membangun kit mutakhir dalam membantu Angkatan Bersenjata kita menghadapi ancaman di masa depan.’

Sea Ceptor (DoD UK) 6

Sea Ceptor dipasang untuk menggantikan sistem Sea Wolf pada frigate Tipe 23.

Sistem pertahanan udara akan digunakan pada frigate Tipe 26 yang baru dan Land Ceptor, yang akan menggantikan Rapier untuk Angkatan Darat Inggris.

Ini menggunakan next-generation Common Anti-air Modular Missile (CAMM) serta inovasi teknologi radar dan datalink.

Sea Ceptor (DoD UK) 5

Toby Shaughnessy, Komandan HMS Argyll, menggambarkan sistem ini sebagai ‘upgrade yang menggairahkan’.

‘Sea Ceptor adalah sistem yang mengesankan dan inovatif, menunjukkan bahwa Royal Navy berada di ujung tombak teknologi dan bekerja keras untuk menjaga Inggris tetap aman,’ katanya.

“Saya sangat bangga dengan perusahaan kapal saya dan pekerjaan yang mereka lakukan untuk membuat tes ini berhasil.”

HMS Argyll akan melakukan uji coba lebih lanjut terhadap sistem Sea Ceptor sebelum dia dikirim ke Jepang tahun depan, sebagaimana dilansir dari laman Daily Mail (05/09).

Photo : Sea Captor diluncurkan untuk pertama kalinya. (DoD UK)

Editor : (D.E.S)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *