Drone AS Tewaskan 17 Petempur ISIS di Libya

Militer.or.id – Drone AS Tewaskan 17 Petempur ISIS di Libya.

dok. Drone MQ-9 Reaper USAF (Paul Ridgeway/USAF)

Washington – Enam serangan udara Amerika Serikat (AS) terhadap satu markas kelompok ISIS di Libya menewaskan 17 pemberontak dan menghancurkan tiga kendaraan, ujar militer AS pada Minggu, 24/9/2017.

Sejumlah serangan tersebut merupakan yang pertama kalinya dilancarkan AS di Libya sejak Presiden Donald Trump menjabat pada bulan Januari lalu.

Komando AS di Afrika mengatakan dalam pernyataannya bahwa serangan Jumat, 22/9/2017 menyasar sebuah markas yang berjarak sekitar 240 kilometer di sebelah tenggara Sirte, sebuah kota yang dulunya adalah kubu besar kelompok ISIS di Libya.

HARUS BACA :  Meksiko Batal Membeli 8 Unit MH-60R dari AS?

Markas tersebut digunakan untuk memindahkan arus petempur masuk dan keluar dari Libya, serta merencanakan serangan dan menyimpan senjata, ujar pernyataan itu.

HARUS BACA :  Terjun Payung Santa Claus Warnai Christmas Festival 2018

“ISIS dan al-Qaeda telah mengambil keuntungan dari kantong kantong wilayah, yang tidak dikelola Libya, untuk mendirikan tempat-tempat persembunyian yang berfungsi untuk merencanakan dan mengarahkan serangan teror,” ujar pernyataan tersebut.

HARUS BACA :  10 Perwira Wanita Resmi Perkuat Korps Wanita TNI AL – Militer.or.id

Pejabat AS, yang memberikan keterangan dengan syarat tidak disebut namanya, mengatakan serangan itu dilakukan oleh pesawat nirawak.

Serangan terakhir AS di Libya terjadi pada 19 Januari lalu, sehari sebelum pelantikan Trump yang menewaskan lebih dari 80 petempur ISIS, beberapa diyakini tengah merencanakan serangan ke Eropa.

Kelompok ISIS mengambil alih Sirte pada awal 2015, mengubahnya menjadi kubu terpenting mereka di luar Timur Tengah dan menarik sejumlah besar petempur asing ke kota itu. Kelompok tersebut memberlakukan aturan garis kerasnya pada penduduk dan memperpanjang daerah kekuasaannya hingga sekitar 250 kilometer garis pantai laut tengah Libya. (Reuters/Antara).

HARUS BACA :  Jet Tempur Italia Jatuh | LANCER CELL

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Penerus Tornado Jerman Akan Ditetapkan Akhir Tahun Ini

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  15 Penerbang Baru Akan Memperkuat TNI